PNG Menyediakan Kewarganegaraan Bagi Orang West Papua

0
859

LoopPNG, SUARAPAPUA.com — Otoritas Layanan Imigrasi dan Kewarganegaraan Papua New Guinea meminta semua orang West Papua yang tinggal di Wilayah Pulau Niugini untuk masuk dan berkomuniksi dengan mereka.

Hal ini berkaitan dengan pendaftaran kewarganegaraan baru PNG bagi pengungsi dari West Papua.

Asisten Manajer bagian Divisi Pengungsi untuk West Papua, Elizabeth Gavara mengatakan kepada Loop PNG bahwa kantornya perlu mengetahui jumlah orang West Papua yang tinggal di Wilayah NGI sebelum mereka dapat mengisi tanggal untuk pendaftaran.

“Sangat penting bagi semua pengungsi West Papua yang tinggal di negara ini untuk mendapatkan status kewarganegaraan PNG, sehingga mereka dapat memiliki hak yang sama dan memiliki akses terhadap layanan publik seperti orang Papua New Guinea,” kata Gavara.

Dia mengatakan bahwa sejauh ini lebih dari 1.000 orang West Papua telah mendapatkan izin sebagai kewarganegaraan PNG dan sebagian besar mereka dari daerah pengungsian Awin Barat di Provinsi Bagian Barat.

Gavara mengatakan mereka melakukan proses konsultasi secara ekstensif untuk memperbarui basis data (Database) mereka. Mereka telah meliputi Momase dan Wilayah Selatan, sementara di Wilayah Pulau Niugini dimulai dari Pulau Manus.
Diperkirakan ada 10.000 pengungsi West Papua yang telah tinggal di Papua Nugini hingga tiga dekade.

Sebelum tahun 2014, biaya untuk orang West Papua yang ingin mendapatkan izin kewarganegaraan PNG adalah K10.000, asetara Rp42.192 lebih. Sejak itu, pemerintah telah memberlakukannya dengan biaya itu.

Isu pengungsi West Papua tetap menjadi isu sensitif antara Pemerintah Papua New Guinea dan Pemerintah Indonesia. Namun negara-negara Kepulauan Pasifik lainnya seperti Vanuatu dan Kepulauan Solomon telah bersuara untuk West Papua menjadi sebuah negara berdaulat.

Sumber : looppng.com