ADVERTORIALBupati Abock Resmikan Sejumlah Lapter Perintis di Yahukimo

Bupati Abock Resmikan Sejumlah Lapter Perintis di Yahukimo

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Bupati Kabupaten Yahukimo, Abock Busup bersama Wakil Bupati, Yulianus Heluka meresmikan 41 Lapangan Terbang (Lapter) bersubsidi di sejumlah distrik di wilayah pemerintahan Yahukimo.

Acara peresmian tersebut dilakukan di salah satu lapangan terbang di wilayah Korowai Batu pekan kemarin yang diawali dengan penerbangan perdana rombongan Bupati Yahukimo dan jajarannya.

“Bapak-bapak yang selama ini jalan kaki dan menggunakan jalur sungai, sekarang bisa pakai pesawat, karena tiket pesawatnya juga relatif murah,” kata Bupati Abock di Korowai Batu.

Baca Juga:  Komisioner KPU Yahukimo Nyatakan Siap Selenggarakan Pemilu 2024

Usai kembali dari Korowai, Bupati mengakui bahwa tujuan disiapkannya Lapter guna menekan harga beras di kampung-kampung yang melambung tinggi, tetapi juga memberi akses kemudahan bagi kepala distrik, kepala kampung dan masyarakat ke kota dan sebaliknya.

“Kita sudah siapkan penerbangan subsidi, sehingga saya harapkan para kepala distrik, kepala Pustu dan guru jangan berkeliaran di kota. Tugas pemerintah kampung harus awasi harga barang, jika mahal harus diingatkan karena jualannya diangkut dengan pesawat subsidi,” tuturnya.

Baca Juga:  Warga Tiom Ollo Duduki Kantor Bupati Lanny Jaya Minta Atasi Bencana Longsor

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Yahukimo, Yokober Mandila menjelaskan, pembukaan pelayanan pesawat subsidi ini merupakan optimalisasi pelayanan Pemkab Yahukimo di sektor transportasi udara untuk menjangkau masyarakat yang selama ini terisolir.

“Jadi, perlu dukungan masyarakat terhadap Pemkab Yahukimo, terutama Bupati dan Wakil Bupati,” kata Mandila.

Menurutnya, di wilayah Yahukimo ada sekitar 131 Lapter yang mengakses daerah terpencil dan terisolir, sementara pada tahun 2019 akan ditingkatkan menjadi 134 Lapter.

Baca Juga:  Mahasiswa KC Sulut Mendukung Sikap Uskup Jayapura Soal Lokasi Pembangunan Kantor Gubernur Papua Pegunungan

Ia menambahkan bahwa aspirasi penambahan Lapter ini telah direspon Kementerian Perhubungan RI.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

FIFA Akan Mempromosikan Hubungan ‘non-partisan, non-politik’ Antara Fiji dan Indonesia

0
"Asosiasi Persahabatan Fiji-Indonesia menyambut baik kolaborasi dan dukungan dari pemerintah, organisasi masyarakat sipil, sektor swasta, cendekiawan, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan terkait," tambahnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.