BeritaPemda Maybrat Pastikan Masyarakat Lepas 2 Ha Bangun Stasiun Kereta Api di...

Pemda Maybrat Pastikan Masyarakat Lepas 2 Ha Bangun Stasiun Kereta Api di Sususmuk

MAYBRAT, SUARAPAPUA.com — Rencana pembangunan rel kereta api yang dicanangkan presiden Joko Widodo di wilayah Papua Barat akan dibuka stasiunnya di kampung Sususmuk, kabupaten Maybrat. Terkait itu, pada pekan lalu, pejabat direktorat perhubungan darat dari Jakarta telah melihat langsung lokasi pembangunan stasiun kereta api.

Hal ini diungkapkan Agustinus Saa, sekretaris daerah (Sekda) kabupaten Maybrat, saat apel pagi di halaman kantor bupati Maybrat, Senin (9/4/2018).

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Pertamina Monitor Kesiapan Layanan Avtur di Terminal Sentani

Sekda memastikan, kepada pemerintah, masyarakat adat sudah serahkan 2 hektar tanah untuk proyek pembangunan stasiun kereta api di kampung Sususmuk.

“Terminal stasiun kereta api wilayah Papua Barat ada di Kabupaten Maybrat tepatnya kampung Sususmuk. Itu sesuai peta nasional. Jadi, Sususmuk sebagai terminal kalau kereta menuju Manokwari singgah di Sususmuk maupun ke Sorong, Bintuni dan sebaliknya,” jelasnya.

Dalam rangka itu, imbuh Sekda, tahun 2018 pelebaran jalan dari Sususmuk ke Kumurkek akan dikerjakan bersamaan pengaspalan jalan.

Baca Juga:  Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu di PBD Resmi Dimulai

Kehadiran Dirjen Perhubungan Darat bersama pimpinan kereta api Indonesia di Maybrat, kata Agustinus, tidak lain adalah untuk memulai proyek pembangunan stasiun kereta api dengan dibiayai oleh APBN.

“Untuk itu, mari kita mensyukuri apa yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat di Papua khususnya kabupaten Maybrat. Ini satu rencana bagus bagi kita di daerah ini. Kebanyakan kampung yang di kabupaten Maybrat ada jalan poros nasional, baik ke arah timur menuju Bintuni maupun ke utara menuju Manokwari,” ungkapnya.

Baca Juga:  C1 Pleno 121 TPS Kembali Dibuka Atas Rekomendasi Bawaslu PBD

Sekda berharap tentunya pembangunan tersebut membutuhkan dukungan doa dari semua pihak agar prosesnya bisa berjalan baik dan lancar untuk masyarakat dan daerah ini.

“Kita mendukung proses pembangunan yang dilakukan untuk anak cucu kita di masa mendatang,” harap Sekda.

Pewarta: Engel Semunya
Editor: Arnold Belau

Terkini

Populer Minggu Ini:

Gereja Pasifik Desak MSG Keluarkan Indonesia Jika Tidak Memfasilitasi Komisi HAM...

0
“Dengan berakhirnya Pertemuan Pejabat Luar Negeri Melanesian Spearhead Group untuk mengantisipasi Pertemuan Para Pemimpin MSG yang akan datang, pertanyaannya adalah, bagaimana mungkin MSG akan terus membiarkan Indonesia, yang memiliki kebijakan dan praktik yang merendahkan martabat, melemahkan, dan menghilangkan hak-hak perempuan, anak-anak, dan laki-laki Melanesia - sesama anggota MSG, tetap menjadi anggota?”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.