Tanah PapuaMeepagoEnam Ribu Lebih Anak Paniai Ikut Program Bangga Papua

Enam Ribu Lebih Anak Paniai Ikut Program Bangga Papua

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Dilaporkan, hingga bulan April 2018, data jumlah anak di bawah 4 tahun yang ikut program Bangun Generasi dan Keluarga (Bangga) Papua tahun 2018 di Kabupaten Paniai, mencapai lebih dari 6 ribu anak.Ā 

Hal ini disampaikan sekertaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Paniai, Eliaser Yogi, ketika ditemui suarapapua.com belum lama ini di ruang kerjanya, di Madi, Paniai.

“Formulir anak yang sudah masuk ke kami hingga bulan April sekarang ada 6 ribu lebih anak. Semua asli anak Paniai karena memang program ini khusus diperuntukkan untuk orang Papua,” ungkap Yogi.

Baca Juga:  Hasil Temu Perempuan Pembela HAM dan Pejuang Lingkungan Bersama WALHI Nasional

Namun, kata dia, data tersebut masih mentah (sementara) karena waktu pengumpulan formulir sampai dengan bulan Juli mendatang.

Mengingat itu, dia berharap, keluarga yang belum mendaftarkan anaknya dapat mengambil formulir untuk daftar. Karena program tersebut sangat membantu selain ke keperluan anak, juga keperluan keluarga akan dibuatkan Kartu Keluarga (KK).

“Karena aturannya anak yang daftar,Ā  namanya harus berbasis NIK untuk bisa ambil uang di Bank. Maka nanti nama ibu dan anak akan dibuatkan kartu keluarga, kerja sama dengan dinas Dukcapil,” jelasnya.

“Untuk itu kami harap banyak anak yang daftar. Karena akan membantu bagi keluarga untuk urus KTP dan akte kenal lahir anak. Juga keperluan urusan lainnya,” kata Yogi menambahkan.

Baca Juga:  Heboh! Banyak Bangkai Babi di Mimika Dibuang ke Aliran Sungai

Ia akui pencapaian jumlah tersebut berkat kerja sama dinasnya dengan beberapa dinas lain, seperti Dukcapil, DPMK, Kominfo dan Sosial. Sehingga dibentuk sebuah wadah dengan nama Sekertariat Bersama (Sekber).

“Tempatnya di Bappeda. Dan saya sendiri sebagai ketua Sekber,” ungkapnya.

Kata dia, semua dinas kerja sesuai fungsinya masing-masing. Misalnya dinas Dukcapil, kerja menyiapkan formulir pendaftaran dan mendaftarkan nama anak-anak beserta ibunya kedalam program SIAK Dukcapil. Supaya tidak ada masalah ketika mengambil uang di Bank.

Baca Juga:  Soal Satu WNA di Enarotali, Begini Kata Pakum Satgas dan Kapolres Paniai

“Jadi kerja ini dinas Dukcapil yang kerjakan. Lalu dinas lain juga begitu, semua jalan sesuai fungsinya masing-masing,” kata Yogi.

Untuk program Bangga Papua itu sendiri, Yogi menjelaskan, dananya bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus). Dan setiap anak akan dibayarkan per bulan 200 ribu, diterima per tiga bulan sekali. Pembayarannya terhitung mulai bulan Januari tahun 2018.

“Misalnya mereka terima bulan Agustus, tapi hitungannya tetap dari bulan Januari, jadi tinggal dikalikan saja berapa yang akan diterima,” tuturnya.

 

Pewarta: Stevanus Yogi

Editor: Arnold Belau

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pencaker Palang Kantor Gubernur Papua Barat Daya

0
"Namun sayangnya, sejak aksi dari pagi hingga pukul 13:00 siang, Pencaker tidak bisa bertemu dengan Pj Gubernur, sehingga kamiĀ  Pencaker bersepakat untuk memalang Kantor Gubernur secara adat," tegasnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.