Mendila: Transportasi di Yahukimo Harus Bersinergi

0
811

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Yakober Mendila, Kepala Dinas Perhubungan Yahukimo mengatakan, semua jalur transportasi yang ada, baik itu darat, udara maupun jalur sungai harus bersinergi.

“Kami di kabupaten ini ada beberapa jalur transportasi, tetapi kita sudah melihat bahwa udara sudah berjalan baik, hanya jalur sungai Lokbon yang pemerintah masih pikirkan untuk bagaimana sinergikan,” kata Mendila Pekan kemarin di Dekai.

Katanya, dari sisi teknis karena pengaruh pasang surut sungai Lokbon sebagai salah satu dermaga yang belum berjalan baik terutama penyaluran Bapok dari Timika dan Merauke ke Dekai Yahukimo, maka pemerintah sedang siapkan program.

“Nah untuk mengoptimalkan semua itu agar berjalan bersinergi, ada program pemerintah yang sedang di garap untuk diajukan, terutama pembangunan dermaga baru di Pepera Dekai Yahukimo.”

Oleh sebab itu katanya, bagian ini perlu didorong agar Dekai Yahukimo menjadi pusat transportasi perdagangan di daerah pegunungan tengah, terutama untuk penyaluran barang ke Pegunungan Bintang, Wamena, Mamberamo, Asmat dan Timika.

“Ke depan juga bandara akan diperpanjang 2500 meter. Itu tentu pesawat berbadan lebar sudah bisa masuk, apalagi kalau jalur sungai kapal besar sudah masuk, maka Yahukimo akan jadi pusat transportasi wilayah pegunungan tengah,” pungkasnya.

Sejauh ini, jalan darat menuju dermaga baru sedang dikerjakan dan sisa 3 km yang harus dikerjakan, sedangkan Bandara Nof Goliat Dekai dari 1925 meter tahun 2016 sedang diperpanjang 2500 meter dalam tahun 2018.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Elisa Sekenyap

print