Pemkab Yahukimo dan Telkomsel Launching Jaringan 3G dan 4G

0
3530
Sekda Yahukimo, Tarruly Maniagasi bersama pihak Telkomsl usai launching data 3G dan 4G di Dekai Yahukimo (Dok.Pemda Yahukimo)

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Pemerintah Kabupaten Yahukimo bekerjasama dengan PT.Telkomsel regional Papua dan Papua Barat pada, Senin (16/7/2018) melaunching jaringan data 3G dan 4G, bertempat di aula Bupati Yahukimo.

Sekertaris Daerah Yahukimo, Tarruly Maniagasi mengatakan, kerjasama ini dilakukan karena paradikma pemerintahan saat ini sudah berbasis elektronik.

“Karena ketika kita berbicara elektronik govermant (e-Government) semua itu membutuhkan jaringan, lalu kalau kita menunggu kapan jaringan itu datang, ini menurut saya bukan merupakan pilihan yang tepat. Untuk serat optik, Bupati berpendapat bahwa ada pembangunan serat optik yang kurang lebih kuantitasnya di Yahukimo ada 5 yaitu, dua di ibu kota Yahukimo dan tiga di sejumlah distrik. Tetapi realisasi pengunaan serat optik baru bisa di gunakan pada 2019 atau 2020,” jelas Sekda Maniagasi.

Disisi lain katanya, pemerintah dituntut untuk menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada. Bagaimana Pemda diminta mengimplementasikan e-planing, e-budgeting, e-government dan aktifitas layanan administrasi lain yang berbasis data dan membutuhkan dukungan jaringan.

Oleh sebab itu diharapkan, dengan adanya kerjasama ini dapat memberi kontribusi yang positif bagi pelayanan administrasi pemerintah, dimana dapat mengirim data-data dari SKPD ke server dan dari Pemda ke provinsi bahkan ke pusat (Jakarta).

Selain itu Sekda juga mengatakan, fasilitas jaringan data ini akan dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan program disiplin aparatur melalui elektronik absen yang semuanya berbasis jaringan.

Oleh sebab itu dengan adanya kerjasama PT.Telkomsel, apa yang menjadi alasan dan latar belakang munculnya kerjasama ini dapat terwujud dan dapat memberi kontribusi nyata dalam pelayanan administrasi di Kabupaten Yahukimo.

“Kerjasama ini berlaku selama 6 bulan sampai akhir tahun nanti dan kita akan lakukan evaluasi untuk melihat apabila kerjasama ini tidak perlu dilanjutkan karena pihak kedua (PT.Telkomsel) sendiri melihat potensi pasar 4G dan 3G ini bisa menguntungkan, tentu pihak Telkomsel akan melanjutkan tanpa kerjasama.”

Ia berharap, kepada semua SKPD di lingkungan Pemkab Yahukimo agar melalui kerjasama ini dapat meningkatkan koordinasi dan komunikasi. Tetapi metode lama tetap akan digunakan, terutama surat menyurat.

“Akses komunikasi ini sangat dibutuhkan, karena melalui fasilitas WhatsApp (WA) dan juga kita dapat mengirim laporan pertangungjawaban ke setiap SKPD tiap bulan. tidak lagi manual manual mengunakan flashdisk, begitupula proses SPP,SP2D dan SPM mengunakan jaringan.”

Tidak hanya itu katanya, dapat juga digunakan untuk laporan laporan aset aset di setiap SKPD, masalah masalah surat menyurat, masalah masalah kepegawaian dan kepangkatan, baik yang berkala dan pengusulan pangkat butuh suport jaringan.

“Agar berjalan cepat dan effisien dari sisi waktu dan tenaga, mungkin hal hal ini positif yang mungkin akan kita dapatkan di setiap SKPD, terutama dengan adanya dukungan jaringan dari kerjasama ini.”

Sekda menambahkan bahwa jaringan 3G dan 4G ini dapat diakses oleh masyarakat. Tentu penggunaannya dengan membeli pulsa data seperti yang dilakukan di daerah lain.

KOMINFO