Bupati Abock Ajak Pimpinan Umat Kristiani Perangi Miras

0
2483
Bupapti Kabupaten Yahukimo, Abock Busop. (Paul-Kominfo)

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Bupati Kabupaten Yahukimo, Abock Busop meminta kepada pimpinan umat kristiani di Yahukimo agar bersama sama memerangi persoalan perjudian dan Minuman Keras (Miras) di Yahukimo.

Hal tersebut disampaikan Bupati Abock Busup mengingat di Kabupaten Yahukimo saat ini memiliki dua jalur transportasi yaitu transportasi udara dan transportasi sungai Lokpon dengan kapal yang diduga menjadi pintu masuk perdagangan minuman keras dan awal masuknya perjudian di Yahukimo, khususnya di Dekai ibu kota Kabupaten Yahukimo.

Menurutnya, kedua jalur transportasi tersebut yang memiliki potensi besar membawa dampak negatif di ibu kota Kabupaten Yahukimo menjadi tempat perjudian, tempat pemabukan dan masalah masalah sosial lainnya, seperti warung remang remang (praktek seks komersial).

“Saya berharap kepada para pimpinan gereja untuk membantu Pemkab bersama sama untuk memerangi masalah masalah perjudian dan mabuk serta masalah warung remang remang. Karena masalah masalah tersebut menjadi tantangan kita semua termasuk peran pimpinan gereja,” kata Bupati usai menghadiri peletakan batu pertama pembangunan gedung Gereja Baptis Bahtera Bonto Dekai Yahukimo, Jumat (20/7/2018).

Untuk pemerintah daerah katanya, pihaknya akan tetap tegas dan mengacu pada peratuan daerah tentang Miras yang telah ditetapkan oleh legislating baru-baru ini.

“Sebagai pemerintah kami akan bertindak tegas sesuai peraturan yang berlaku,karena sudah ada peraturan daerah yang di buat oleh DPRD sebelumnya, dimana saat itu saya menjadi pimpinan. Perda tersebut telah mengatur terkait dengan larangan minuman keras di Yahukimo dan tidak ada yang kompromi dengan penjualan minuman keras di Yahukimo,” tegasnya.

“Kami akan tindak tegas pelaku pemasuk di Yahukimo, yakni yang diedarkan melalui udara maupun sungai.”

Ia juga meminta kepada warga masyarakat yang mengetahui informasi terkait pemasuk untuk segera melaporkan kepada pemerintah, agar pemerintah tindak segera oknum oknum tersebut. Pemerintah juga tidak segan segan untuk memulangkan oknum oknun tersebut dari Yahukimo, karena Miras, judi sekd komersial menjadi salah satu pemicu masalah dan merusak tatanan gereja yang ada di Yahukimo.

Hal itu juga diakui Martinus, salah satu warga Yahukimo, katanya pemasok Miras di Yahukimo harus segera ditindak dan jika dikethui segera dipulangkan.

“Ini dorang bikin kacau daerah saja, termauk seks komersial ini. Pulangkan ke mereka punya tempat supaya mereka jual menjual di sana,” kata Martinus.

Diskominfo Yahukimo

print