42 Orang Calon Bawaslu Meepago Dinyatakan Lolos Tes Tertulis

0
6350

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Ketua tim seleksi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Meepago, Philemon Keiya mengatakan, pihaknya sudah mengumumkan hasil tes tertulis  sembilan pendaftar baru dan mereka yang masih menjabat sebagai Panwas, Senin (30/7/2018) kemarin.

Philemon mengatakan,  mereka yang lolos dari kabupaten Deiyai sebanyak 9 orang, Paniai 9, Nabire 12 dan Dogiyai 12 yang dinyatakan lolos tes tertulis.

Kemudian anggota Bawaslu dari  Paniai akan ditambah. Ada 3 nama di daftar tunggu yang direkomendasikan oleh Bawaslu RI.

“Bagi mereka yang tidak lolos agar dapat menerima dengan jiwa besar, sedangkan mereka yang lolos tes silahkan mempersiapkan diri untuk mengikuti fit and proper test,” kata Philemon.

Baca Juga:  Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu di PBD Resmi Dimulai

Philemon meminta kepada masyarakat untuk membuat surat terbuka penilaian kinerja Panwas yang aktif.

ads

“Di Nabire ada 3 Panwas aktif, Dogiyai ada 3 Panwas aktif, dan di Paniai.”

Publik diharapkan agar dapat mengirim pesan atau surat melalui SMS serta kirim di alamat email [email protected] dan [email protected], sebelum tahapan selanjutnya.

Lanjut Keiya, mereka sangat menghargai jika ada masyarakat atau pemuda yang mengirim tulisan dimaksud. Proses ini bagian dari tahapan yang ditetapkan oleh Bawaslu Republik Indonesia.

Baca Juga:  HRM Rilis Laporan Tahunan 2023 Tentang HAM dan Konflik di Tanah Papua

“Tahapan ini dilaksanakan untuk menguji integritas Bawaslu,  dan mereka yang loyal dan mau mengawal proses demokrasi yang berlangsung. Kami timsel tidak menginginkan kepada anggota Bawaslu yang bermain kongkalikong nantinya dalam mengawal proses demokrasi di empat kabupaten tersebut. Sebab ini akan menjadi beban bagi kami. Tujuan dilakukan hal ini untuk memilih putra-putri terbaik di wilayah Meepago,” tegasnya.

Philemon mengatakan, mereka juga  tidak menginginkan agar orang menstigma sebagai pengacau demokrasi, sehingga tahapan ini menjadi penting.

Baca Juga:  Suku Abun Gelar RDP Siap Bertarung Dalam Pilkada 2024

“Sebab banyak stigma yang biasa diberikan kepada kami daerah rawan dan sebagainya. Karena penyelenggara. Saya berharap agar hal  semacam itu tidak terjadi kedepannya,” kata Keiya.

Anggota Timsel Bawaslu Meepago, Marius Mote mengatakan,  pihaknya menyampaikan terima kasih karena telah melakukan proses ini dengan baik.

“Kami meminta dukungan masyarakat. Selama tahapan seleksi berjalan baik. Sehingga kami menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang masih mendukung hingga tahapan ini berlanjut,” katanya.

Pewarta: Yance Agapa

Artikel sebelumnyaSetahun Polisi Tembak Mati Warga Deiyai di Oneibo, Keluarga Korban Tunggu Proses Hukum
Artikel berikutnyaPGI Terima dan Dukung Eks Karyawan PT Freeport Perjuangkan Hak