Ini Isi Deklarasi Hasil Kongres II KNPB

0
12592
Ilustrasi, logo Komite Nasional Papua Barat (KNPB).
adv
loading...

DEKLARASI HASIL KONGRES II KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT (KNPB)

Atas nama Allah leluhur bangsa Papua Barat, atas nama tulang beluang yang berserakan di atas tanah ini, atas nama mereka yang bergerilya di hutan rimba, atas nama mereka yang hidup di pengungsian, atas nama mereka yang sedang bergerilya di luar negeri.

Kami Komite Nasional Papua Barat (KNPB) sebagai Media Nasional Rakyat Papua Barat  terus berjuang demi terwujudnya agenda Hak Penentuan Nasib Sendiri bagi rakyat Papua melalui mekanisme referendum sebagai solusi demokratis.

Hari ini, secara terbuka kami ingin menyampaikan hasil Keputusan Kongres ke-II KNPB yang dilaksanakan di kampung Vietnam pada tanggal 23-25 Oktober 2018 dan dihadiri oleh 600 peserta dari 29 KNPB wilayah dan 7 wilayah KNPB Konsulat Indonesia.

Baca Juga:  Ketua KNPB Pegubin Ajak Suku Ngalum dan Ketengban Bersatu

Dengan melihat dinamika perjuangan pembebasan nasional Papua Barat secara menyeluruh dan kritis, melalui usul, saran, masukan serta mempertimbangkan hasil pembahasan komisi-komisi dalam kongres II.

ads

Forum kongres ke-II Komite Nasional Papua Barat (KNPB) memilih kepengurusan baru KNPB Pusat dan menghasilkan resolusi-resolusi yang merupakan kesatuan sikap dan kebulatan tekad dari seluruh delegasi KNPB yang merupakan pimpinan rakyat West Papua dari Wilayah dan Konsulat yakni memutuskan untuk berjuang mencapai cita-cita bangsa Papua Barat yang merdeka secara politik melalui Jalur Referendum sebagai solusi damai dan demokratis.

Baca Juga:  Komisi HAM PBB Minta Indonesia Izinkan Akses Kemanusiaan Kepada Pengungsi Internal di Papua

Guna mencapai tujuan itu, KNPB menyerukan:

  1. Mobilisasi Umum menuju Mogok Sipil Nasional sebagai Agenda Aksi Nasional Bangsa Papua.
  2. Disampaikan kepada rakyat Papua Barat dan kepada seluruh komponen perjuangan untuk kembali mengakui TPNPB sebagai satu-satunya Militer Papua Barat.
  3. Kembali memperkuat Lembaga Politik Bangsa Papua sebagai wadah representatif Papua dan alat demokrasi partisipatif rakyat Papua.
  4. Kembali mendukung persatuan diplomat dalam wadah koordinatif ULMWP di Internasional.
  5. Kongres ke-II KNPB secara demokratis memilih dan melantik pengurus baru KNPB Pusat dengan komposisi: Ketua Umum AGUS KOSSAY, Ketua I WARPO WETIPO, Sekretaris Umum FERONIKA HUBI, Sekretaris I MECKY YEIMO, Jubir Nasional ONES SUHUNIAP, Jubir Internasional VICTOR F YEIMO, Bendahara PATRICK LOGO dan dilengkapi komisariat-komisariat serta bidang berdasarkan kebutuhan perjuangan.
Baca Juga:  Lima Wartawan Bocor Alus Raih Penghargaan Oktovianus Pogau

Demikian hasil keputusan kongres ke II KNPB ini kami sampaikan dengan penuh tanggung jawab, atas perhatian disampaikan terima kasih.

Port Numbay, 30 Oktober 2018

Mengetahui

BADAN PENGURUS PUSAT KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT (BPP-KNPB)

AGUS KOSSAY                    FERONIKA HUBI
Ketua Umum                      Sekretaris Umum

 

Artikel sebelumnyaReferendum Otsus Plus: Biarkan Rakyat Memilih!
Artikel berikutnyaAcub Zainal dan Pembinaan Sepak Bola di Papua