Pemilihan Ketua BEM USTJ Digelar Secara Demokratis

0
2550

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Pemilihan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) periode 2018-2019 yang terlaksana hari Senin (5/11/2018), tampak berlangsung secara demokrasi.

Hal tersebut diakui ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hans Bunai saat ditemui suarapapua.com di sela-sela pemilihan yang diadakan di halaman kampus USTJ, Padangbulan, Abepura, Jayapura.

Hans mengatakan, kegiatan berlangsung setelah kesiapan pihak panitia sudah matang selama 3 minggu dan di puncak acara telah berjalan secara demokrasi.

“Pemilihan hari ini berjalan sesuai dengan yang ditargetkan. Saya bersama panitia pemilihan ini sama sekali tidak intervensi kepada siapapun. Saya hanya menjalankan tugas secara adil, bermartabat dan netral,” kata Hans.

Dijelaskan, dari 5 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disiapkan pihaknya hanya melakukan monitoring, dari mulai dibukanya kegiatan hingga pukul 15.00 WIT yang diperkirakan berlangsung sesuai jadwal.

“Saya hanya pantau saja. Nanti setelah dari TPS jam tiga, kemudian suara tersebut dihitung bersama-sama di kantor KPU. Hasilnya diumumkan calon yang menang untuk memimpin BEM USTJ ke depan,” tambahnya.

Untuk jumlah pemilih, kata dia, ada 2.960 mahasiswa USTJ yang sudah terdaftar di pihak penyelenggara. Persyaratan pemilihan, mahasiswa hanya membawa KPM dan KRS. Jika itu tidak bawa, pihak lembaga dan KPU pun sudah menyediakan daftar nama-nama.

“Semua sudah terlaksana sesuai rencana. Hasilnya diumumkan setelah perhitungan bersama, antara TPS dan KPU,” jelas Bunai.

Sementara itu, Wesko Kogoya, dari Fakultas Fesospol Jurusan Akuntansi membeberkan, pemilihan sekarang berjalan secara demokrasi dan adil, dirinya sendiri sudah melaksanakan pemilihan dan pencoblosan di salah satu TPS yang sudah tersedia.

“Pemilihan ini, secara pribadi melihat berjalan aman tanpa ada keributan dari kedua pasangan calon. Sehingga saya berharap siapapun dia yang terpilih, jangan melihat dari sudut suku, agama, tetapi bisa menjalin hubungan kerja sama. Dan yang lebih penting lagi adalah menyuarakan kendala mahasiswa itu kepada pimpinan lembaga,” kata Kogoya.

Untuk diketahui, calon yang maju adalah nomor urut 1 pasangan Alexander Gobai dan wakilnya Rudy Mom. Nomor urut 2, Albertus Yatipai dengan wakilnya Yantus H. Elopere.

Sementara dari pantauan suarapapua.com, semua mahasiswa USTJ berada di TPS masing-masing dan melakukan pencoblosan yang telah disiapkan panitia pemilihan. Proses pencoblosan dan penghitungan suara berlangsung lancar tanpa ada hambatan maupun keributan dari kedua kubu pendukung.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau