Pemkab Yahukimo Menetapkan 24 Distrik Dalam Pencanangan Kampung KB

0
2218

DEKAI,SUARAPAPUA.com—Pemerintah Kabupaten Yahukimo melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) menetapkan 24 Distrik sebagai pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB).

Kepala Dinas PPKB Kabupaten Yahukimo, Fransina Kabak mengatakan, Kegiatan KB ini membawa perubahan yang baik. Sehingga, kegiatan ini terlaksana atas kerjasama KB Kabupaten Yahukimo dan KB Provinsi Papua.

“Keluarga Kecil bahagia itu seperti apa? Jadi, melalui Pembentukan kampung KB ini, mendapat keluarga yang sehat, berkualitas, dan keluarga yang siap bangun dari usia Pra produktif hingga produktif ” kata Fransina Kabak.

Menurutnya, yang diharapkan adalah supaya ayah, ibu, dan anak-anak harus cerdas dan membina dalam keluarga yang bahagia. agar, anak-anak bisa berguna bagi nusa dan bangsa sesuai dengan yang diharapkan oleh Pemerintah. Serta menciptakan orang yang berpotensi, bertakwa, dan melakukan hal positif kedepan untuk bangun di Yahukimo kedepan.

Pihaknya mengharapkan supaya semua distrik di kabupaten yahukimo masuk dalam pencanangan kampung KB. namun, sesuai dengan anggaran dan petunjuk dari pusat sehingga, yang masuk hanya 24 distrik.

“Sesuai dengan anggaran dari pusat yang kami terima melalui dinas, sudah Kami salurkan kepada Masyarakat. Memang kalau ada perintah dan dana apa yang susah? Karena masyarakat mereka mengharapkan dana tetap turun dikampung karena mereka adalah bagian dari saya dan saya orang Yahukimo. Saya lebih suka merasakan apa yang kita hadir dan sampaikan disana,” katanya.

Sementara itu, Asisten I Sekda Yahukimo, Drs. Abubakar Farah mengatakan,  Pembentukan kampung KB adalah sesuai yang diharapkan dan komitmen pemerintah. Maka Program KB ini dapat memberikan kontribusi dalam rangkah pengendalian penduduk di Kabupaten Yahukimo serta mengurangi laju pertumbuhan penduduk.

“Keberadaan Kampung KB sangat diperlukan, karena keberhasilan program ini sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup sejahterah karena dengan adanya program KB. Maka diharapkan Bagun Komitmen bersama tokoh Masyarakat serta disertai dengan data yang baik, karena pemerintah Yahukimo sudah menetapkan tahun 2018 adalah tahun data, sehingga harapan saya kedepan progran KB di Kabupaten Yahukimo dapat berjaan lancar dan sukses sesuai yang diharapkan,” katanya.

24 Kampung yang di kunjungi dan ditetapkan sebagai kampung  KB diantaranya Distrik Dekai, Sumo, Korupun, Kwelamdua, Holuwon, Hilipuk, Soba, Kwikma, Kayo, Kurima, Mugi, Yogosem, Tangma, Silimo, Amuma, Anggruk, Ubahak, Herapini, Walma, Musaik, Ukha, Yahuliambut, Seredala, dan Werima. Dan untuk menjangkau ke-24 kampung, biaya yang dibutuhkan 15-30 juta sekali penerbangan.

 Pewarta : Ruland Kabak

Editor      : Arnold Belau