Pemkab Paniai Akan Salurkan Dana Bangga Papua

0
6053

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Eliaser Yogi, sekertaris Bappeda Paniai menyatakan, dana program bangun generasi dan keluarga sejahtera (Bangga) Papua untuk tahun 2018 dianggarkan sebesar Rp14 miliar. Dana itu akan dibayarkan dalam bulan Desember 2018.

“Dananya sudah ada dan tinggal dicairkan saja bulan Desember ini dan kami akan bayarkan. Total dana yang dianggarkan sebesar Rp14 miliar,” kata Eliaser Yogi di Madi Paniai, Selasa (6/12/2018).

Katanya, dana yang bersumber dari Otsus itu akan diberikan kepada 5.711 anak usia 4 tahun ke bawah yang sebelumnya sudah didaftarkan orang tuanya dalam program Bangga Papua.

“Anak-anak ini juga sudah resmi ditetapkan oleh Gubernur Papua melalui surat keputusan gubernur sebagai calon penerima manfaat program Bangga Papua. Sehingga tidak ada penambahan lagi untuk tahun ini,” jelasnya.

Menurutnya, setiap anak akan menerima Rp2,4 juta, dengan rincian Rp200 ribu per-bulan, terhitung dari bulan Januari hingga Desember 2018.

Katanya, dana dimaksud sudah ada, namun belum dilakukan pembayaran karena masih menunggu informasi dari pihak Bank Papua yang sedang membuatkan rekening bagi setiap penerima.

“Kalau sudah, dananya akan ditransfer ke rekening masing-masing.”

Pembagian dananya sendiri, kata Yogi, akan dilakukan lima titik, mengingat jangkauan wilayah yang cukup luas, yakni Enarotali, Komopa, Bayabiru, Siriwo, dan Dumadama.

“Untuk di Enarotali cakupan wilayah meliputi 13 distrik, Komopa 7 distrik, Bayabiru dan Siriwino masing-masing 1 distrik dan Dumadama 2 distrik. Nanti daerah yang jauh seperti Siriwo, Dumadama dan Bayabiru kami akan datangi pakai helikopter. Kalau Komopa pakai perahu motor,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, pada saat pembagian pihaknya akan menjual susu bergizi sesuai anjuran yang ada. Hal ini dilakukan guna dana yang akan dibagi dapat dirasakan langsung pada anak-anak.

Bupati Kabupaten Paniai, Meki Nawipa meminta agar orang tua penerima manfaat dapat menggunakannya sesuai kebutuhan anak.

“Terutama dalam soal gizi anak. Ini penting supaya anak-anak dapat hidup sehat dan menjadi pintar dan kedepan dapat berguna bagi daerah Paniai,” kata Meki dalam acara penyerahan buku tabungan kepada penerima manfaat, di ruang aula Kantor Bupati Paniai, Kamis (6/12/2018).

Pewarta: Stevanus Yogi
Editor: Elisa Sekenyap