ArsipPemda Nduga "Gelapkan" Dana Bantuan Studi Bagi Mahasiswa?

Pemda Nduga “Gelapkan” Dana Bantuan Studi Bagi Mahasiswa?

Jumat 2014-08-08 22:03:30

PAPUAN, Semarang — Pemerintah Daerah Kabupaten Ndugama membisu dibalik penderitaan mahasiswa asal Nduga di seluruh Indonesia, yang hingga saat ini belum menerima dana bantuan studi.

Hal ini disampaikan Otis Tabuni, salah satu mahasiswa asal Kabupaten Nduga, Papua, kepada suarapapua.com, Jumat (8/8/2014) dari Semarang, Jawa Tengah.

 

“Bantuan tugas akhir dan pemondokan yang dianggarkan pemerintah daerah untuk tahun 2014 tidak jelas arahnya. Kami menunggu realisasinya,” kata Tabuni.

 

Lanjut Tabuni, hingga saat ini tidak ada yang mau bertanggungjawab, bahkan saling melemparkan beban, yang dikhawatirkan adalah dana tersebut telah digelapkan oleh pemerintah daerah.

 

"Tidak tau siapa sebenarnya aktor utama dibalik penggelapan dana tersebut," kata mahasiswa Unika Soegijapranoto, jurusan Hukum ini.

 

Jika dana tidak segera dicairkan, menurut Otsis, ratusan mahasiswa bisa saja putus kuliah dan terlantar, karena pemondokan mahasiswa juga masih bermasalah hingga saat ini.

 

Menurut Tabuni, akibat dari penggelapan dana tersebut, 16 kontrakan yang ada di beberapa kota study sudah tutup, sehingga ratusan mahasiswa terlantar.

 

Dia meminta kepada mahasiswa Nduga se-Indonesia, segera merapatkan barisan untuk membawa ke jalur hukum karena ini berkaitan penggelapan dana.

 

Sekedar diketahui, Pemerintah Daerah Kabupaten Ndugama menganggarkan dana tugas akhir dan pemondokan sekitar Rp 25 miliar, namun realisasinya hingga saat ini tidak jelas. 

 

Tabuni berharap, seluruh mahasiswa Nduga konsisten dan bersatu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

 

MARSELINO TEKEGE

Terkini

Populer Minggu Ini:

Panglima TNI Didesak Tangkap dan Adili Prajurit Pelaku Penyiksa Warga Sipil...

0
“Oleh sebab itu, LBH - YLBHI mengutuk keras praktek penyiksaan yang dilakukan oleh prajurit TNI terhadap warga Papua. LBH-YLBHI mendesak Komnas HAM secepatnya melakukan penyelidikan dan menuntut para pelaku penyiksaan menyerahkan diri untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya serta mendesak panglima TNI turun tangan melakukan penangkapan para pelaku,” tegasnya dalam rilis yang diterima suarapapua.com, Senin (25/3/2024).

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.