ArsipDanau Paniai Tercemar Karena Minim Kesadaran Masyarakat

Danau Paniai Tercemar Karena Minim Kesadaran Masyarakat

Rabu 2014-08-13 17:35:45

PAPUAN, Enarotali — Danau yang terletak di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua ini, keasliannya sudah tidak terawat lagi, pasalnya telah tercemar oleh sampah dan tanaman eceng gondok yang bertebaran.

"Ya, sampah-sampah ini terbawa ke danau Paniai melalui kali Enaro, selain itu juga ada banyak masyarakat yang membuang sampahnya ke dalam danau," ungkap Noak Gobay, salah satu warga kota Enarotali, kepada suarapapua.com, Rabu (13/08/2014) siang.
 

Menurut Gobay, khusus untuk tanaman eceng gondok memang sudah ada sejak beberapa tahun lalu, dan kini menyebar tutupi sebagian besar permukaan danau. 

 

Pemerintah Kabupaten Paniai, menurut Gobay, selama ini acuh tak acuh terhadap perawatawan danau yang menjadi kebanggaan masyarakat Mee-Pago ini.

 

Diharapkan, semua warga bisa berpartisipasi untuk menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing dan tidak membuang sampah sembarangan, sebab sampah dari masyarakat juga turut mencemari danau.

 

"Ya, kalau semua masyarakat dan pemerintah sadar akan kebersihan, pasti kota Paniai bersih, begitupun dengan kebersihan danau," ungkapnya.

 

Ia menambahkan, harapannya pemerintah Paniai bisa mengalokasikan dana khusus untuk pembersihan danau. Dengan begitu, kata dia, danau Paniai akan terbebas dari sampah-sampah yang bertebaran selama ini.

Sementara itu, Petrus, salah satu warga mengatakan, sebenarnya tanaman eceng gondok ada manfaatnya.

 

"Saya rasa, tanaman eceng gondok ini bisa dikeringkan dan dibuat pupuk, namun belum ada yang menyadarinya," ungkapnya.

 

MIKHA GOBAY

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Lakukan Sidak ke Sejumlah SPBU...

0
"Selain menggandeng Pemprov, Pemda, dan aparat untuk melakukan pengawasan, kami juga turut mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi penggunaan BBM tepat sasaran. Jika masyarakat menemukan adanya penyalahgunaan dalam distribusi BBM terutama BBM subsidi, agar dapat dilaporkan ke pihak berwenang,” ujar Sunardi.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.