ArsipMenteri Pariwisata Akan Menandatangani Prasasti Cartensz dan Desa Ugimba Sebagai Daerah Wisata

Menteri Pariwisata Akan Menandatangani Prasasti Cartensz dan Desa Ugimba Sebagai Daerah Wisata

Minggu 2014-09-21 18:26:15

PAPUAN, Jayapura — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Mari Elka Pangestu mewakili Presiden SBY, akan menandatangani prasasti Puncak Cartensz sebagai daerah unggulan wisata, dan Kampung Ugimba, sebagai desa wisata Papua, pada 23 September 2014 mendatang, di Jakarta.

Hal ini disampaikan Direktur Cartensz Adventure, Maximus Tipagau, dalam siaran pers yang dikirim kepada redaksi suarapapua.com, Minggu (21/9/2014) sore.

 

Menurut Maximus, Menparekraf akan bubuhkan tanda tangan mewakili Presiden SBY, dan berbagai pihak seperti Pemda Provinsi Papua, pemerintah daerah Kabupaten Intan Jaya, dan tokoh-tokoh masyarakat dari Desa Ugimba juga telah diundang untuk menyaksikannya secara langsung. 

 

“Dengan penandatangan tersebut, bisa dikatakan posisi tempat wisata puncak Cartensz akan sama dengan Wisata Raja Ampat, di Sorong, Papua Barat, dan beberapa tempat wisata lainnya di Papua."

 

“Selama ini daerah Cartensz dianggap tidak aman, padahal kenyataannya tidak demikian. Isu-isu negatif ini dihembuskan untuk menghalau masuknya wisatawan asing, tetapi dengan penandatanganan ini kami berharap mendapat perhatian khusus,” kata putra kelahiran Desa Ugimba, Intan Jaya ini.

 

Menurut Maximus, selama ini dirinya telah bekerja keras agar dapat meyakinkan pemerintah daerah, provinsi, dan pusat, agar Cartensz dan kampung Ugimba dijadikan tempat wisata yang layak dikunjungi oleh berbagai wisatawan.

 

“Cartensz itu salah satu puncak tertinggi di dunia, tiap tahunnya ada ribuan wisatawan mancanegara yang masuk melalui jalur Intan Jaya, dan naik dari Desa Ugimba, karena itu layak dijadikan tempat wisata menurut kami,” tegasnya lagi.

 

Menurutnya, Bupati Kabupaten Intan Jaya, juga Gubernur Provinsi direncanakan akan menghadiri acara penandatanganan prasasti yang rencananya dilakukan di Kantor Kemenparekraf, Ruang Rapat Menteri lantai 16, Gedung Sapta Pesona.

 

“Dengan penandatangan ini, kami berharap semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke Puncak Cartensz melalui kampung Ugimba. Juga diharapkan mendapat perhatian yang serius dari pemerintah daerah dan provinsi,” tegasnya lagi.

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

HRM Releases 2023 Annual Report On Human Rights and Conflict In...

0
HRM revealed that the human rights situation in West Papua strongly differs from that in other regions in Indonesia. The decades-old and unresolved armed conflict has intensified since December 2018, leading to a spike in extrajudicial killings, enforced disappearances, and torture by security forces, especially in the highlands.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.