ArsipSimposium Rakyat Papua Barat di Vanuatu Ditunda ke Desember 2014

Simposium Rakyat Papua Barat di Vanuatu Ditunda ke Desember 2014

Sabtu 2014-09-27 11:21:30

PAPUAN, Jayapura — Simposium rakyat Papua Barat yang awalnya direncanakan dalam bulan Oktober 2014, akhirnya kembali mengalami penundaan ke tanggal 4 Desember 2014 mendatang, di Port Villa, Vanuatu.

Ketua Panitia Pelaksana simposium, Pastor Allan Nafuki mengatakan, pertemuaan tersebut akan ditunda ke tanggal 4 Desember 2014 setelah hari nasional dan upacara pengibaran bendera Vanuatu.

 

“Penundaan akan memungkinkan 80 delegasi undangan dari Papua Barat untuk mengumpulkan dana dan menyiapkan dokumen perjalanan mereka untuk memastikan kehadiran secara maksimal,” kata Pastor Nafuki, seperti ditulis Radio New Zealand, Jumat (26/9/2014) kemarin.

Pastor Nafuki mengatakan, konferensi ini untuk memberikan jalan bagi kelompok yang berbeda di Papua Barat, agar mencapai kesepakatan sebagai upaya terpadu mengajukan permintaan keanggotaan dalam forum Melanesia Spearhead Group (MSG). (Baca: Simposium di Vanuatu, Filep Karma: Tiap Pimpinan Harus Rendah Hati).

 

Sebelumnya, seperti ditulis media ini, simposium rakyat Papua Barat rencananya digelar pada 27-30 Agustus 2014, namun karena beberapa alasan, sehingga ditunda ke 1-4 Oktober 2014. (Baca: Simposium Papua Barat di Vanuatu Ditunda ke Oktober 2014).

 

Namun, kini kembali mengalami penundaan lagi ke bulan Desember 2014. Selain alasan keuangan, penundaan dilakukan untuk memaksimalkan pertemuan akbar antar orang Papua tersebut.

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

0
“Sebenarnya Mei bukan nama rumput. Melainkan Mei adalah nama bulan kelima dalam setiap tahun. Rumput yang dimaksud adalah Owasiwasika (Bahasa Hubula) atau Obwari-bwaringga (Bahasa Lanny),” kata Yefta Lengka menjelaskan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.