ArsipBupati Puncak Minta Presiden Jokowi Perhatikan Infrastruktur di Papua

Bupati Puncak Minta Presiden Jokowi Perhatikan Infrastruktur di Papua

Minggu 2014-10-19 20:47:45

BALI, SUARAPAPUA.com — Presiden terpilih, Joko Widodo, diminta lebih fokus memperhatikan Papua ketimbang daerah lain, terutama di bidang infrastruktur yang masih kendala hingga kini.

Bupati Puncak, Willem Wandik mengatakan, perlunya perhatian serius kepada daerah Papua dalam pemerintahan Jokowi-JK karena banyak masalah dialami masyarakat di daerah-daerah, terutama pedalaman dan pesisir.

 

Dikutip okezone edisi Sabtu (18/10/2014), Wandik mengakui mahalnya harga barang di daerah pedalaman Papua diakibatkan terbatasnya akses transportasi darat maupun udara.

 

“Kami berharap Presiden Jokowi memberi perhatian untuk pembenahan infrastruktur di Papua, sehingga bisa cepat mengejar ketertinggalan dengan daerah lain di Indonesia,” ujar Wandik di Bali, Jumat.

 

Menurutnya, Provinsi Papua masih jauh tertinggal dari berbagai aspek dibanding daerah lain Indonesia. Untuk itu, pemerintah dibawah kepemimpinan Jokowi-JK mesti lebih serius perhatiannya dalam membuka keterisolasian yang masih dirasakan akibat tiadanya akses yang menghubungkan dengan beberapa ibukota kabupaten lainnya.

 

Terbatasnya infrastruktur jalan, bandara hingga pelabuhan di beberapa kabupaten di Papua, kata dia, merupakan kendala serius bagi pemerintah dalam merealisasikan pembangunan selama ini.

 

Bupati Wandik berharap, perhatian pemerintah membuka keterisolasian dengan membangun jalan penghubung Timika dan Puncak, selain pengembangan bandara di sana.

 

“Jika infrastruktur jalan dan bandara dibangun, sudah pasti akan mempercepat pembangunan daerah,” ujarnya.

 

Mahalnya harga barang kebutuhan sehari-hari, seperti air mineral 600 ml yang dijual di Ilaga –ibukota Kabupaten Puncak– dengan harga Rp25 ribu per botol, atau satu sak semen seharga Rp2 Juta, harap Wandik, tidak terjadi di waktu mendatang jika ada akses tranportasi darat dan udara.

 

“Kami di Puncak, juga Lanny Jaya, Nduga, Paniai, Intan Jaya, dan beberapa kabupaten lain, merasakan biaya hidup yang cukup tinggi. Solusi untuk itu, harus ada peningkatan akses jalan darat dan transportasi udara,” pungkasnya.

 

MARSELINO TEKEGE

Terkini

Populer Minggu Ini:

FIFA Akan Mempromosikan Hubungan ‘non-partisan, non-politik’ Antara Fiji dan Indonesia

0
"Asosiasi Persahabatan Fiji-Indonesia menyambut baik kolaborasi dan dukungan dari pemerintah, organisasi masyarakat sipil, sektor swasta, cendekiawan, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan terkait," tambahnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.