ArsipJokowi Berkeinginan Dialog Dengan Masyarakat Papua

Jokowi Berkeinginan Dialog Dengan Masyarakat Papua

Minggu 2014-12-28 03:27:00

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pihaknya berkeinginan untuk berdialog dengan masyarakat Papua secara menyeluruh.

Keinginan itu disampaikan secara terbuka di hadapan masyarakat Papua pada perayaan Natal Bersama Nasional 2014 di Stadion Mandala, kota Jayapura, Papua, Sabtu (27/12/2014) malam. (Baca: Andi Widjajanto: Presiden Sengaja Memilih Diam soal Kasus Paniai)

 

Jokowi mengaku ingin mendengar suara masyarakat Papua secara langsung, sehingga ia mengetahui persoalan yang sebenarnya dan akan mencarikan solusinya.

 

"Yang masih di dalam hutan, yang masih di atas gunung-gunung, marilah kita bersama membangun Papua sebagai tanah yang damai. Marilah kita pelihara rasa saling percaya di antara kita, sehingga kita bisa berbicara dalam suasaana yang damai dan sejuk," kata Jokowi, seperti ditulis kompas.com.

 

"Kita ingin semuanya akhiri konflik yang ada, jangan ada lagi kekerasan," tegas Jokowi. (Baca: Jokowi: "Minimal Tiga Kali Setahun Saya Akan ke Papua")

 

Jokowi mengaku ingin mempergunakan waktu sebanyak-banyaknya untuk mendengarkan suara rakyat Papua. Sebab, semangat ini dapat dijadikan fondasi untuk menatap masa depan tanah Papua yang lebih baik.

 

Jokowi juga menegaskan, masyarakat Papua tidak hanya butuh pendidikan yang lebih baik, tetapi juga butuh didengar dan diajak bicara secara damai. (Baca: Demo Tolak Kedatangan Jokowi, Sejumlah Warga Ditahan di Sentani)

 

"Itulah sikap dasar saya dalam membicarakan setiap persoalan di Papua," ujar Jokowi.

 

Baca: #PANIAIBERDARAH

 

MIKAEL KUDIAI

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Lakukan Sidak ke Sejumlah SPBU...

0
"Selain menggandeng Pemprov, Pemda, dan aparat untuk melakukan pengawasan, kami juga turut mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi penggunaan BBM tepat sasaran. Jika masyarakat menemukan adanya penyalahgunaan dalam distribusi BBM terutama BBM subsidi, agar dapat dilaporkan ke pihak berwenang,” ujar Sunardi.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.