ArsipKNPB Dukung ULMWP Ajukan Lamaran Aplikasi ke MSG 5 Februari 2015

KNPB Dukung ULMWP Ajukan Lamaran Aplikasi ke MSG 5 Februari 2015

Senin 2015-02-02 16:53:15

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat, menyatakan memberikan dukungan penuh pengajuan lamaran aplikasi West Papua oleh United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), ke Sekretariat Melanesian Spearhead Group (MSG), 5 Februari 2015 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Nasional KNPB Pusat, Bazoka Logo, saat jumpa pers, Senin (2/2/2015) siang di halaman Museum Papua, Expo, Waena, Jayapura.

 

“Ada dua momentum yang akan kami rayakan bersama pada tanggal 5 Februari 2015 dengan rakyat Papua. Pertama, 5 Februari 1855 sebagai hari masuknya Injil di Tanah Papua, dan yang kedua, di hari itu juga ULMWP akan mengajukan lamaran ke MSG,” tuturnya.

 

KNPB bersama rakyat Papua Barat, menurut Bazoka, wajib merayakan dua hari bersejarah itu.

 

“Sejarah penting 5 Februari 1855-2015 merupakan kunci dan peluang istimewa bagi rakyat West Papua dan sekaligus momentum perayaan 5 Februari 2015,” lanjut Bazoka Logo.

 

Jelang langkah ULMWP atau Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat, akan mendaftarkan West Papua sebagai anggota resmi di sekretariat MSG, 5 Februari 2015 di Vanuatu, KNPB minta dukungan dan doa dari seluruh rakyat Papua.

 

“Seluruh rakyat West Papua wilayah teritori dari Sorong sampai Samarai untuk mendukung dalam bentuk doa dan puasa baik di rumah, gereja dan di lapangan terbuka,” ujar Bazoka.

 

Sementara itu, Sekretaris I KNPB Pusat, Mecky Yeimo, menyebut perjuangan ULMWP adalah wadah koordinasi terakhir bagi bangsa West Papua untuk mengakhiri sejarah penderitaan selama ini.

 

“KNBP tidak akan pernah diam, tetapi kami tetap kawal agenda-agenda yang akan disepakati oleh ULMWP nanti,” tegasnya.

 

Mecky menambahkan, untuk dukungan rakyat baik berupa doa di gereja maupun di lapangan terbuka akan dilakukan pada 5 Februari 2015.

 

“Kita dukung perjuangan ini dengan doa, kalau rencana turun jalan ada dari teman-teman KNPB daerah seperti Timika, Manokwari, Fak-fak dan lainnya, ini untuk mendukung kegiatan 5 Februari 2015,” jelas Yeimo.

 

Editor: Mary

 

AGUS PABIKA

Terkini

Populer Minggu Ini:

Komnas HAM RI Didesak Selidiki Kasus Penyiksaan Warga Sipil Papua di...

0
“Tindakan dari para pelaku itu masuk dalam kategori penyiksaan. Korban dimasukan dalam drum berisi air dan dianiaya, dipukul, ditendang dan diiris punggungnya dengan pisau. Itu jelas tindakan penyiksaan dan bagian dari pelanggaran HAM berat,” ujar Emanuel Gobay.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.