Tentang Kami

Media online suarapapua.com pertama kali diluncurkan pada tanggal 10 Desember 2011. Ia hadir untuk melihat banyak persoalan di Tanah Papua, mulai dari masalah pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, budaya, dan persoalan politik yang semakin runyam. Dalam peliknya persoalan tersebut, media di Papua juga dituntut untuk memberitakan apa yang terjadi secara berimbang, objektif, dan dengan standar-standar jurnalisme yang baku.

Media di Papua juga dituntut mampu mengangkat “suara lain” dari masyarakat akar rumput tanpa diintervensi pihak manapun. Selama ini, suara-suara masyarakat Papua selalu “diabaikan”, sehingga terkesan situasi Papua aman-aman saja. Masyarakat Papua juga bias pembangunan, karena pemberitaan yang tidak bermutu.

Akumulasi dari kebijakan pemerintah yang tidak berpihak, juga ditambah dengan pemberitaan di berbagai media massa yang menempatkan masyarakat Papua sebagai pihak yang “bersalah”, menghasilkan perlawanan yang semakin masif. Dan bahkan, beberapa aktivis dan pengamat di Papua pernah menyerukan agar media di Papua diboikotkan karena pemberitaannya tak selalu covert both sides.

Dalam rumitnya persoalan di Tanah Papua, media ini diharapkan mampu berperan dalam mengabarkan dan memberitakan berbagai persoalan di Tanah Papua sesuai dengan fakta yang terjadi. Selain itu, diharapkan juga lahir wartawan-wartawan muda, yang mampu mengamati persoalan di Tanah Papua, dan melaporkan secara baik dan benar dengan tujuan agar dapat diketahui publik.

Jurnalis di Papua juga diharapkan mempunyai kompetensi tinggi agar laporannya benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Media ini hadir untuk mengabarkan suara rakyat Papua secara objektif dan berimbang. Media ini juga hadir untuk membuka kesempatan lahirnya jurnalis-jurnalis muda yang mampu menjadi wartawan yang baik dan benar.

Wartawan dan media seperti dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan. Karena itu, selain bergerak di bidang pemberitaan, juga secara perlahan berusaha untuk mendidik jurnalis-jurnalis muda agar mampu menulis dengan baik dan benar.

Media kami hadir untuk menjadi bagian dari rakyat, juga media yang hadir untuk mengubah sedikit rumitnya persoalan di Tanah Papua. Media online suarapapua.com mengutamakan nilai-nilai keadilan, kemanusiaan, serta keberagaman agama.

 

REDAKSIONAL SUARAPAPUA.COM

 

DEWAN PENGAWAS/PENASEHAT

Pdt. Dr. Benny Giay (Ketua)

Andreas Harsono (Anggota)

Pdt. Dora Balubun (Anggota)

 

PENANGGUNG JAWAB

Arnoldus Belau

PEMIMPIN REDAKSI

Arnoldus Belau

REDAKTUR

Mary Monireng, Arnoldus Belau

STAF REDAKSI

Mikael Kudiai, Mikha Gobay, Lincold Alvi, Yosep Walilo, Harun Rumbarar, Marselino Tekege

KORESPONDEN

Marselino Tekege (Semarang), Justine Homers (Timika), Dolly Korwa (Manokwari), Jekson Ikomou (Bandung), Mizael Maisini (Intan Jaya), Stevanus Yogi (Paniai), Elisa Sekenyap (Wamena)

KOLUMNIS

Naftali Edoway, Elias Ramos Petege

Web Admin

Tim Mambruk – Paschall

 

PENERBIT:

Situs berita www.suarapapua.com diterbitkan oleh “Perkumpulan Suara Papua” berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999, berdasarkan Akta Notaris Oktorianti, SH, M.Kn, Nomor. 11, d/a. Jalan Raya Sentani No. 68, depan Korem Padang Bulan, Abepura, Provinsi Papua; Telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan Nomor: AHU-00239.60.10.2014.