Pemprov Papua Akan Salurkan Bantuan Kapal Nelayan Kepada Lima Kabupaten

0
19008

Senin 2015-03-23 04:21:00

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan segera menyalurkan bantuan kapal nelayan kepada lima kabupaten/kota sesuai dengan pembagian wilayah adat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Franky Wali mengatakan, tahun ini pihaknya memprogramkan bantuan kapal nelayan berkapasitas 12 gross ton, dan 30 groos ton.

 

"Sekarang ini proses pembuatannya telah selesai dan tinggal di distribusi ke kabupaten/penerima," ujarnya di Jayapura, Minggu (22/03/2015) seperti dikutip dari beritasatu.com, Senin (23/03/2015).

 

Wali menyebut lima kabupaten/kota yang akan diberikan sesuai kebijakan gubernur yakni sesuai lima wilayah adat, yaitu Biak, Supiori, Asmat, Mappi dan Kota Jayapura.

 

Pemerintah kabupaten/kota, kata Wali, telah melakukan seleksi terhadap Kelompok Usaha Perikanan (KUP) asli Papua yang nantinya akan menerima bantuan kapal tersebut.

 

"Sebenarnya kapal 30 gross ton ini butuh operasional yang besar, dan dari pihak Provinsi akan tetap membantu dari sisi teknologi, dan kelompok penerima yang sudah diseleksi oleh pemerintah kabupaten/kota diharapkan bisa mengelola kapal tersebut," ungkapnya.

 

Khusus untuk kapal 30 gross ton yang akan diberikan, Wali mengatakan bahwa kapal tersebut sudah termasuk kapal berukuran besar dan memerlukan biaya operasional yang cukup besar.

 

Karena itu ia berharap agar pemerintah kabupaten bisa terus melakukan pendampingan bagi KUP yang akan meerima bantuan.

 

"Kapal 30 gross ton ini jangkauan jelajahnya sudah jauh dan hasil tangkapannya juga lebih besar. Biaya operasional kapal 30 gross ton ini juga besar, karena itu pemerintah kabupaten/kota terus melakukan pendampingan sampai kelompok penerima bantuan agar bisa mandiri," terangnya.

 

Wali mengakui pendampingan teknis yang diberikan pemerintah selama ini masih sangat minim.

 

"Di sinilah pemerintah kabupaten/kota diminta bisa lebih berperan," katanya.

 

MIKAEL KUDIAI