ArsipPenjabat Gubernur Papua Lantik Lima Bupati Carateker

Penjabat Gubernur Papua Lantik Lima Bupati Carateker

Jumat 2012-04-13 13:40:45

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan bahwa para bupati yang dilantik adalah orang-orang yang dipercaya oleh negara untuk memimpin rakyat Indonesia yang ada disetiap daerah masing-masing, untuk kurung satu tahun.

Selain itu, menurut Gubernur, pelantikan tersebut untuk tetap memastikan pada tahap bergulirnya roda pemerintahan serta seluruh tugas-tugas lain di setiap kabupaten.

“Termasuk tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan seperti pesan yang telah diamanatkan oleh Mendagri yang tertuang dalam surat keputusan ini,” jelas Gubernur.

Gubernur juga menegaskan kepada para bupati yang baru dilantik, agar perlu sadar bahwa diangkat menjadi bupati karena dinilai mampu untuk memimpin rakyat di setiap kabupaten, sebelum memiliki bupati definitive pada Pemilukada dalam kurung waktu yang telah ditentukan.

“Dan juga diharapkan untuk bekerja sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya bahwa saudara-saudara adalah pegawai negeri sipil pilihan yang beranggotakan orang-orang yang berkompetensi dalam memimpin seluruh jajaran birokrasi di kabupaten yang dipimpin,” ujar Gubernur.

Menurut Gubernur, dengan mengangkat sumpah, para bupati dengan sungguh-sungguh menyatakan secara moral bahwa bersedia menjadi penjabat bupati dan bertanggung jawab kepada Tuhan dan kepada rakyat yang dipimpin.

Didalam keputusan Mendagri tentang pengangkatan bupati, lanjut Gubenur, telah diatur tentang dua tugas penting yang harus dilaksanakan oleh para bupati pertama, menyelenggarakan pemerintahan di kabupaten yang dipimpin dalam arti yang luas, mulai dari yang sifatnya planning, perngorganisasian, koordiansi, evaluasi dan tugas-tugas kemasyarakatan yang lainnya, dan yang kedua, memfasilitasi pemilihan bupati dan wakil bupati yang definitive.

“Maka itu saya minta kepada para bupati yang baru dilantik untuk menjalankan tugas-tugas yang baru diberikan itu dijalankan dengan sebaik-bainya bersama dengan para pejabat di kabupaten masing-masing,’ tegas Gubernur.

Gubernur juga meminta agar dalam menjalankan tugas sebagai bupati diharapkan supaya bekerja sama dengan KPU dan Panwaslu untuk mensukseskan Pemilukada di setiap kabupaten maupun di tingkat Provinsi untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua yang akan segera dilaksanakan adalam waktu yang singkat.

Ia juga meminta agar para penjabat carateker Bupati tidak bermain mata dengan salah satu kandidat tertentu, karena dapat menimbulkan masalah dalam Pemilukada yang digelar.

“Saya minta komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat terus dibangun agar pelaksanaan pemerintahan maupun jalannya Pemilukada dapat berjalan dengan maskimal dan dengan aman pula,” ujarnya.

Selain itu, para pejabat yang baru dilantik diminta untuk membuat laporan paling tidak selambat-lambatnya dalam tiga bulan sekali.

“Saya juga meminta untuk semua pihak dan semua lapisan masyarakat turut mendukung para pejabat bupati yang baru dilantik untuk terciptanya suasana yang baik dan aman di setiap kabupaten.”
 
Dalam acara pentikan tersebut, dihadiri pula ketua DPR Papua Jhon Ibo dan Ketua MRP Papua, Timotius Murib dan ratusan tamu undangan lainnya.

ARNOLD BELAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Paus Fransiskus Segera Kunjungi Indonesia, Pemerintah Siap Sambut

0
“Berdasarkan surat dari Vatikan yang diterima Pemerintah Indonesia, Paus Fransiskus akan hadir pada 3 September 2024. Ini tentu menjadi suatu kehormatan bagi bangsa Indonesia,” ujar Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas Yaqut dalam keterangan persnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.