ArsipIni Hasil Rekapitulasi Suara KPU Di 29 Kabupaten/Kota

Ini Hasil Rekapitulasi Suara KPU Di 29 Kabupaten/Kota

Kamis 2013-02-14 09:46:30

PAPUAN, Jayapura — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, sejak pagi hingga malam kemarin, Rabu (13/2/2013), telah melakukan rekapitulasi suara Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua periode 2013-2018, dari 29 Kabupaten/kota yang ada di seluruh Provinsi Papua.

KPU Provinsi Papua juga sekaligus menetapkan pasangan nomor urut tiga, Lukas Enembe-Klemen Tinal sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur setelah pasangan ini meraih suara terbanyak sebesar 1.119.657 atau meraih sekitar 52% suara sah.

 

Adapaun pasangan, pasangan nomor urut satu, Nawipa-Wop meraih suara sebanyak 178.830 (8%); pasangan nomor urut dua, Kambu-Pakage 301.349 (13%); pasangan nomor empat, Wenda-Watori meraih suara sah sebanyak 153.453 (7%); pasangan nomor urut lima, Hasegem-Kayoi meraih suara sebanyak 72.120 (35); dan pasangan nomor urut enam, HMS-Kogoya meraih suara sebanyak 415.382 (18%).

Jumlah DPT yang dikeluarkan KPU Provinsi Papua sebanyak 2.713.465. 375.654, sebanyak  375.654 suara tidak sah, dan suara sah sebanyak 2.337.811 suara.

Salah satu anggota KPU Provinsi Papua, Ferry Kareth, kepada wartawan mengatakan, Pemilihan Gubernur Papua di beberapa daerah di pegunungan tengah berjalan dengan lancar dan aman karena menggunakan sistem noken.

“Sistem noken sesuai dengan aturan yang pernah dikeluarkan Mahkamah Konstisusi, dan beberapa tempat di pegunungan tengah menggunakan cara tersebut, sehingga rata-rata di pegunungan partisipasi pemilih sangat tinggi,” ujar Kareth di sela-sela acara pleno.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Tito Karnavian, dalam sambutannya mengapreasiasi komitmen masyarakat Papua untuk membantu menjaga keamanan Papua, baik sebelum pleno KPU, maupun setelah pleno dilakukan.

“Ini akan jadi contoh bagi provinsi-provinsi lain di seluruh Indonesia, awalnya Papua dikuatirkan akan terjadi gangguan keamanan, namun sampai malam ini hal itu tidak terjadi, kita harus bersyukur kepada Tuhan,” kata Jenderal bintang dua ini.

Timotius Murib, mewakili Majelis Rakyat Papua (MRP) menyamapikan apresiasi kepada KPU Provinsi Papua, beserta 29 KPU Kabupaten/Kota yang telah memfasilitas penyelenggaran pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua hingga berjalan dengan baik, aman dan lancer.

“Sejak dua tahun lalu MRP ikut mendorong agar Pilgub dapat segera dilaksanakan, dan malam ini kita bisa melihat sama-sama prose situ telah selesai, ini penantian yang sangat panjang dan masyarakat harus mensyukurinya,” kata Murib.

Pantaun media ini, di dalam Gedung Olahraga Cenderawasih (GOR) di padati ratusan perwakilan KPU, Panwas, dan saksi-saksi dari 29 Kabupaten/kota yang ada di seluruh tanah Papua.

Acara rapat pleno terbuka yang dimulai sejak pukul 09.00 WIT, berakhir sekitar pukul 22.31 WIT, dan dihadiri Asisten II Pemerintah Provinsi Papua, Kapolda Papua, Kasdam XVII/Cenderawasih, Ketua MRP Papua, Ketua I DPR Papua, dan unsur pemantau.

OKTOVIANUS POGAU

 

 

Terkini

Populer Minggu Ini:

KPK Menang Kasasi MA, Bupati Mimika Divonis 2 Tahun Penjara

0
“Amar Putusan: Kabul. Terbukti Pasal 3 jo Pasal 18 UU PTPK jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) ke-1 KUHP. Pidana penjara 2 tahun dan denda Rp200 juta subsidair 2 tahun kurungan,” begitu ditulis di laman resmi Mahkamah Agung.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.