Demo Akbar Rakyat Papua Berlangsung Dibawah Tekanan Aparat

0
1092

Rabu 2016-04-13 08:01:54

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Aksi demo damai akbar rakyat Papua yang dimotori oleh KNPB dalam rangka mendukung United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) diterima sebagai anggota penuh dalam forum Melanesian Spearhead Group (MSG), hari ini, Rabu (13/4/2016) berlangsung dibawah tekanan aparat keamanan.

Ones Suhuniap, sekretaris umum KNPB kepada suarapapua.com mengatakan, aparat terus batasi aksi demo damai yang sedang dilakukan oleh rakyat Papua.

 

“Polisi terus batasi ruang gerak aksi kami hari ini. Kami sudah mulai melakukan orasi dan aksi sejak pagi. Tapi aparat turun dengan kekuatan penuh. Jumlah aparat juga lebih banyak dari massa aksi. Itu yang terjadi di Perumnas III Waena, Expo dan Abe,” kata Suhun di Waena, Rabu (13/4/2016).

 

Menurut Suhun, awalnya KNPB rencanakan untuk melakukan demo di Taman Imbi Jayapura. Tetapi pada saat pelaksanaannya, aparat membatasi ruang itu.

 

“Kami rencanakan untuk sasaran aksinya di Taman Imbi atau kantor DPR Papua. Tapi kami tidak bisa ke sana. Karena aparat berikan kami ruang hanya di depan gapura Uncen, Perumnas III Waena,” jelasnya.

 

Dari pantauan suarapapua.com, sejak pagi aparat sudah siaga di beberapa titik yang dianggap rawan di Kota Jayapura. Misalnya, sejak pukul 07 pagi aparat siagakan dua kendaraan di Expo Waena. Di Perumnas III Waena, aparat memberikan ruang di depan gapura Uncen. Massa aksi berhadapan langsung dengan beberapa aparat dengan perlengkapan lengkap. Jaraknya tidak lebih dari satu meter.

 

Walaupun demikian, massa aksi dengan semangat terus melakukan orasi secara bergantian.

 

Karena aparat membatasi massa aksi untuk ke kantor DPR Papua maupun Taman Imbi, maka massa aksi dari Expo, Sentani, Abepura dan Kota Jayapura berkumpul di Perumnas III Waena. Mereka melakukan long march. Bak dari arah Abepura maupun dari arah Sentani dan Expo.

 

Terlihat Polda Papua turunkan kekuatan lengkap. Satu water canon, belasan truk dalmas, beberapa mobil bak tertutup. Sementara itu, diperkirakan anggota yang diturunkan oleh Polres Kota Jayapura dan Polda Papua berjumlah di atas 500-an aparat lebih. 

 

Terlihat, jalan raya di sepanjang Perumnas I-III sepi. Ribuan rakyat Papua sedang bersama melakukan demo damai. Hingga berita ini disiarkan, aksi sudah selesai dan massa telah membubarkan diri ke rumah masing-masing. 

 

ARNOLD BELAU