ArsipHentikan Pelanggaran HAM di Tanah Papua!

Hentikan Pelanggaran HAM di Tanah Papua!

Selasa 2012-06-05 13:27:15

Kordinator Lapangan Aksi, Risel Jigibalon, kepada suarapapua.com, mengatakan bahwa aksi ini digelar untuk meminta pemerintah pusat menuntaskan berbagai kasus pelanggaran HAM di tanah Papua.

“Sejak Papua dianeksasikan ke dalam Negara Indonesia, pelanggaran HAM terus terjadi, dan rakyat tak berdosa menjadi korban akibat kekerasan militer Indonesia,” tegas Risel.

Risel menambahkan, “Kami merasa kecewa dengan sikap pemerintah Indonesia terhadap kami Rakyat Papua, yang selalu di perlakukan secara tidak manusiawi. Ini berlangsung dari tahun 1960-an hingga saat ini,” jelasnya.

Risel berharap pemerintah Indonesia dapat menghargai hak-hak hidup orang asli Papua, sebab undang-undang Indonesia sendiri memberikan jaminan tersebut.

“Apakah kami ini bukan bagian dari NKRI? Jika pemerintah pusat (Jakarta) berpikir demikian, mengapa merebut Papua secara paksa, sedangkan kami punya hak hidup di atas tanah kami sendiri, sesuai yang di maksudukan dalam UUD HAM 28A-28J,” ujarnya.

Ditambahkan, “Jika aspirasi kami tidak di sikapi dengan baik , kami tetap akan turun jalan untuk menuntut hinggah ada hasil yang jelas oleh pihak nasional maupun Internasioanl tentang persoalan HAM di Tanah Papua.

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Warga Vanuatu Minta Perlakuan Adil Saat Dirawat di VCH

0
“Oleh karena itu, pemerintah harus memperhatikan keadaan anak ini terlepas dari pulau asal atau provinsi tempat tinggalnya,” kata Anne Pakoa, aktivis Hak Asasi Manusia.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.