ArsipKPU Provinsi Papua Pastikan 10 Nama Caleg Ini Duduk di Senayan

KPU Provinsi Papua Pastikan 10 Nama Caleg Ini Duduk di Senayan

Minggu 2014-05-11 14:10:30

PAPUAN, Jayapura — Teka-teki siapa 10 Calon Legislator (Caleg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Papua yang duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) di Senayan, Jakarta, akhirnya terjawab sudah.

Salah satu Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Tarwinto, ketika dihubungi suarapapua.com, Minggu (11/5/2014) pagi, memastikan 10 nama Caleg dibawah ini;

    Sulaiman L. Hamzah, dari Partai Nasional Demokrat (NASDEM) dengan perolehan 80.63 suara;
    Peggi Patrisia Pattipi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan 106.371 suara;
    Muhammad Yudi Kotouky dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan perolehan 99.914 suara;
    Komaruddin Watubun dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan perolehan 120.723 suara;
    Tony Wardoyo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan perolehan 136.642 suara;
    Elion Number dari Partai Golongan Karya (GOLKAR) dengan perolehan 83.374 suara;
    Roberth Rouw dari Partai Gerakan Indonesia Rayat (GERINDRA) dengan perolehan 128.598 suara.
    Libert Kristo Ibo dari Partai Demokrat dengan perolehan 166.734 suara;
    Willem Wandik dari Partai Demokrat dengan perolehan 178.682 suara;
    Jamaluddin Jafar dari Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan 91.179 suara.

Ke-10 Caleg yang lolos ke Senayan, menurut Tarwinto, berdasarkan perolehan suara tertinggi di tingkat Kabupaten dan Kota yang ada di seluruh tanah Papua.

“Kami hanya melaporkan nama-nama ini kepada KPU Pusat berdasarkan perolehan suara mereka di lapangan. Ke-10 nama ini yang memperoleh suara tertinggi di Dapil Papua untuk Caleg DPR RI. Dan penetapannya dilakukan KPU RI,” katanya.

Komisioner KPU Provinsi Papua yang lain, Musa Sombuk ketika dikonfirmasi media ini via elektronik mail terkait ke-10 nama Caleg diatas mengatakan, “Nama-nama itu masih tentatif karena belum penetapan. Faktor audit kampanye juga akan menentukan perolehan kursi,” ujarnya.

Sambung Sombuk, “Untuk Partai Demokrat itu setahu saya bukan Wilem Wandik, tapi Rivai Darus."

"Gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) juga akan merubah konstelasi yang ada, terutama yang terkait dengan perolehan suara yang tidak sesuai dengan PKPU No. 26/2013, dalam hal ini soal sistem non one man one vote," ujarnya.

Sekedar diketahui, dari 10 nama diatas, hanya dua orang yang wajah lama di Senayan, yakni, Peggi Patrisia Pattipi di DPR RI, dan Elion Number di DPD RI; sedangkan delapan nama lainnya wajah baru.

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pagi Ini Jalan Trans Tiom-Wamena Dipalang Caleg PPP

0
“Kami palang jalan karena sampai sekarang belum diproses surat rekomendasi untuk rekap ulang di tiga kampung ini. Waktu itu ada dugaan pelanggaran. Terus, masalah yang terjadi pada saat pemilihan itu sudah dua kali dibicarakan dari Bawaslu. Pada saat pertemuan, bupati dan KPU hadir, memang sudah disepakati untuk rekap ulang,” jelas Ruddy Yigibalom.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.