ArsipPolres Jayawijaya Akan Kawal Logistik Pilkada Yalimo

Polres Jayawijaya Akan Kawal Logistik Pilkada Yalimo

Kamis 2015-11-19 09:48:04

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Kapolres Jayawijaya, AKBP. Semmy Ronny TH Abaa, mengatakan, pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2015 di Kabupaten Yalimo, akan diperhatikan, termasuk tahapan penyiapan logistik.

“Untuk mengamankan semua tahapan Pemilu kami siap all out, termasuk hari ini kami menerima logistik sebanyak 91 koli di bandara Wamena. Anggota juga mengamankan logistik di Jayapura yang hendak dikirim ke Wamena,” kata Kapolres Semmy, kepada wartawan usai menerima logistik di Bandara Wamena, siang tadi, Rabu (19/11/2015).

 

Logistik yang sudah diterima tadi, kata Kapolres, bersama kesekretariatan KPU Yalimo akan amankan di gudang Wamena dan sesuai jadwal pada tanggal 4 hingga 8 Desember akan didistribusikan dari Wamena ke distrik-distrik di Kabupaten Yalimo.

 

“Sejak dimulai tahapan, distribusi logistik hingga hari H pencoblosan menjadi pengamanan Polres Jayawijaya. Kami juga kerja netral, sehingga kami jamin tidak ada kebocoran dari logistik yang akan didistribusikan. Kita juga akan antisipasi kegiatan kriminal yang akan mengganggu Pilkada ini,” ungkapnya.

 

Agar semua tahapan dapat berjalan dengan baik, kata Semmy, Polres tetap berkomunikasi dengan Ketua bersama Komisioner KPU Yalimo.

 

Kapolres juga mengakui, sesuai rapat internal, khusus untuk logistik, pihaknya telah menyiapkan 80 personil kepolisian, karena logistik punya potensi besar untuk mengganggu tahapan Pilkada.

 

Ia juga menambahkan, ada bantuan 21 personil Brimob dari Polda Papua dan mereka sudah ada di Wamena sejak verifikasi calon, kampanye hingga pemilihan dan pleno penetapan hasil suara nanti.

 

“Untuk secara keseluruhan saya siapkan dua pertiga dari anggota kepolisian yang ada di Polres Jayawijaya, ditambah 21 Brimob dari Polda Papua. Kami amankan Pilkada Yalimo dengan kekuatan penuh tidak dengan senjata, tetapi dengan soft power,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Bram Rumere, staf sekretariat KPU Kabuaten Yalimo mengatakan, logistik yang diterima hari ini terdiri dari surat suara, alat kelengkapan di KPPS dan TPS, bilik suara dan formulir-formulir.

 

“Sesuai laporan logistik ini lengkap, tetapi kami tetap melakukan pengecekan kembali dan akan laporkan jika masih belum lengkap atau sudah lengkap,” jelas Bram.

 

Editor: Oktovianus Pogau

 

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

KKJ PB-PBD Kecam Tindakan Arogan Oknum TNI AL Terhadap Para Jurnalis...

0
“Wartawan memiliki hak dan mendapatkan perlindungan hukum dalam hal sedang menjalankan fungsi, hak, kewajiban dan perannya yang dijamin Pasal 8 Undang-undang Pers. Perlindungan hukum itu dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat,” ujar Safwan Ashari.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.