ArsipDua Mobil Panser Ikut "Amankan" Aksi Parade Budaya

Dua Mobil Panser Ikut “Amankan” Aksi Parade Budaya

Kamis 2013-08-15 11:38:15

PAPUAN, Jayapura — Walaupun tidak mendapat ijin dari pihak Kepolisian Resort Kota Jayapura, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) bersama massa rakyat Papua Barat tetap menyelenggarakan aksi parade budaya nasional Bangsa Papua dan dipusatkan di Museum Budaya Expo, Jayapura, pagi tadi.

Pantaun wartawan suarapapua.com, Arnold Belau, sejak pukul 07.30 Wit, puluhan massa aksi KNPB terus berdatangan. Beberapa terus berorasi sambil membentangkan beberapa spanduk dan poster di depan Museum Budaya.

Ratusan aparat kepolisian yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Jayapura, AKBP Alfred Papare, juga telah berada di depan Museum Budaya Expo untuk memantau jalannya aksi KNPB yang dipimpin oleh Korlap Aksi, Warpo Sampari Wetipo.

“Jumlah massa aksi saat ini lebih sedikit di banding jumlah aparat kepolisian. Ada 2 panser, 4 truck besar, dan beberapa mobil sedan milik Polisi yang diparkir disini,” ujar Belau, melalui sambungan telepon selulernya.

Menurut Belau, massa aksi KNPB dari Sentani, dan beberapa tempat di kota Jayapura juga akan terus berdatangan, mengingat aksi ini akan dilakukan dalam bentuk long march atau parade budaya.

Sebelumnya, Juru Bicara KNPB, Wim Medlam mengatakan, aksi parade budaya Nasional yang diselenggarakan juga bagian dari mendukung pembukaan kantor Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Belanda, yang akan dibuka sore ini.

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

PNG dan Indonesia Meratifikasi Perjanjian Pertahanan Untuk Memperluas Kerja Sama Keamanan

0
"Indonesia berharap perjanjian ini akan memastikan kawasan Pasifik yang damai dan stabil dan akan memperkuat hubungan kami dengan PNG," kata Supandy.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.