ArsipMasyarakat Paniai Dihimbau Dukung Program Pembangunan

Masyarakat Paniai Dihimbau Dukung Program Pembangunan

Rabu 2014-10-29 23:06:15

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Ketua Dewan Adat Paniai (DAP), John NR Gobai, meminta masyarakat Paniai untuk mendukung berbagai program yang digalakan pemerintah daerah untuk kepentingan masyarakat.

“Pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, siapapun dia bupatinya, pembangunan itu demi kepentingan masyarakat. Tidak ada pemerintah yang bikin pembangunan demi kepentingannya sendiri,” ujar John saat diwawancarai suarapapua.com di Enarotali, Paniai, Rabu (29/10/2014) siang.

 

Ajakan memberi dukungan kepada pemerintah, menurut John, perlu didahului dengan cara harus merubah pola pikir yang selama ini kadang keliru, dimana ada penolakan terhadap pejabat yang ditugaskan di satu distrik tertentu.

 

“Pejabat ini dari daerah lain jadi dia tidak boleh masuk di daerah saya, nah pendapat macam ini yang menghambat pembangunan di Paniai. Saya kira, pola pikir demikian harus dirubah oleh semua pihak,” ungkapnya.

 

Persoalan lain yang tak kalah dampaknya, sebut John, penolakan program pembangunan jembatan, sekolah, kantor  distrik, dengan cara aksi palang oleh oknum tertentu.

“Selama ini, kita punya persoalan ada disitu. Padahal, pemerintah itu pelayan yang ditugaskan oleh negara untuk membangun daerah dengan dana yang disediakan oleh negara.”

“Perlu dipahami bersama bahwa pembangunan jalan, jembatan, gedung, dan lain-lain tidak akan dibawa pulang oleh pemerintah, namun akan ditinggalkan untuk masyarakat yang ada. Hanya orang saja yang berganti,” tutur Gobai.

Sementara itu, Bupati Paniai, Hengky Kayame, baru-baru ini di Lapangan Karel Gobay Enarotali, mengatakan, selama ini pemerintah terus menjalankan program pembangunan di segala bidang.

 

Lanjut Bupati, sejak dilantik pada tahun lalu, pihaknya telah melakukan sejumlah program yang bersentuhan dengan masyarakat, selain para pegawai yang bertugas di kabupaten ini.

 

Namun, ia mengaku kecewa karena tak sedikit orag hanya mengangkat hal-hal buruk saja. “Selama satu tahun enam bulan saya jadi bupati, saya banyak membuat pembangunan, tetapi orang hanya bicarakan hal-hal buruk tentang saya,” katanya.

Menyikapi hal ini, Hengky Kayame menghimbau kepada semua Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah kabupaten Paniai, agar sosialisasikan keberhasilannya itu kepada seluruh masyarakat, dan dengan demikian, masyarakat dapat memahami kegiatan pembangunan yang sudah maupun sedang dilaksanakan saat ini.


MIKHA GOBAY

Terkini

Populer Minggu Ini:

TPNPB: Danramil Aradide Ditembak Karena Melakukan Aktivitas Mata-Mata

0
“Orang Papua yang terlibat sebagai Banpol atau mata-mata TNI dan Polri, akan kami eksekusi. Warga imigran yang ada di wilayah perang, kami minta segera angkat kaki dari wilayah perang kami,” ujarnya dengan tegas.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.