ArsipSenat Australia Minta Indonesia Bebaskan Thomas Dandois dan Valentine Bourrat

Senat Australia Minta Indonesia Bebaskan Thomas Dandois dan Valentine Bourrat

Kamis 2014-10-02 18:11:25

PAPUAN, Australia — Terkait penangkapan dan penahanan dua jurnalis asal Perancis, Thomas Dandois dan Valentine Bourrat, di Wamena, Papua, pada 06 Agustus 2014, terus mengalir dukungan agar pemerintah Indonesia membebaskan keduanya, dan membuka Papua dari pemantauan media internasional.

Media Australia, Sidney Morning Herald, edisi hari ini, Kamis (2/10/2014) menulis, ada sebuah gerakan perlawanan yang muncul di Senat Australia, dengan dukungan eksplisit dari kantor Menteri Luar Negeri Australia, agar kebebasan pers di Papua Barat dapat dibuka oleh pemerintah Indonesia.

 

Para anggota senat juga secara terbuka meminta Indonesia agar dapat membebaskan dua wartawan Perancis yang ditangkap, dan kini sedang ditahan di Kantor Imigrasi Jayapura.

 

Senator dari Partai Hijau, Richard Di Natale, mengatakan, Ms. Bishop, Menlu Australia telah menghubunginya, dan mengatakan pemerintah Australia akan mendukung senat dengan beberapa perubahan teknis.

“Ini jelas telah dipertimbangkan secara rinci oleh kantor menteri luar negeri, dan aku benar-benar didorong untuk menerima komunikasi dari mereka,” kata Senator Di Natale, kepada Fairfax Media.

“Ini dalam konteks bahwa saya hanya bisa menafsirkan dukungan ini sebagai isyarat bahwa pemerintah secara aktif mengirimkan sinyal yang sangat jelas kepada pemerintah Indonesia,” kata Natale.

 
Senat juga mencatat bahwa akses ke provinsi Papua dengan wartawan asing telah "ketat dibatasi oleh Pemerintah Indonesia”, dan meminta pemerintah Australia untuk meminta Indonesia agar dua wartawan Perancis tidak dipenjarakan. 

 
Martine Bourrat, ibu dar Valentine Bourat Martine, dalam perjalanan ke Jayapura, Papua, mengatakan, ia sangat menyambut dukungan yang diberikan Senat Australia.

 
“Di Perancis kami tidak memiliki dukungan yang sama, semoga ini diperhatikan oleh Perancis,” kata Martine, yang juga seorang notaris di Perancis.

 

“Ini adalah contoh. Ini sebuah ide untuk mengirimkan ini ke parlemen Eropa,” ujar Martine, yang akan mengunjungi Jayapura, untuk mengikuti proses persidangan putri satu-satunya itu.

 

Editor: Oktovianus Pogau

 

MARSELINO TEKEGE

Terkini

Populer Minggu Ini:

Kunker ke Distrik Wandae, Pj Bupati Serahkan BLT Kemensos

0
“Dana BLT yang saya sendiri antar sampai di Wandae ini adalah dana BLT dari Kementerian Sosial yang disalurkan lewat Dinas Sosial Kabupaten Intan Jaya. Kalau tahap I sudah disalurkan beberapa waktu lalu. Dan ini adalah BLT tahap II,” ungkap Pj Bupati Intan Jaya di lapter Perintis Mbugulo, distrk Wandae, Kab. Intan Jaya, Papua Tengah.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.