ArsipPMI Latih Relawan Kesehatan dan Bencana

PMI Latih Relawan Kesehatan dan Bencana

Kamis 2014-07-03 14:36:15

PAPUAN, Jayapura — Pembekalan bagi relawan Palang Merah Indonesia (PMI) di Provinsi Papua dianggap sangat penting, karena bersentuhan langsung dengan korban bencana.

“Seperti pada beberapa kali lalu, sekarang kami sedang melatih teman-teman di lapangan. Mereka pioner dalam bidang penanggulangan bencana dan kesehatan korban bencana,” tuturnya kepada suarapapua.com, saat ditemui di ruang kerjanya, Jayapura, Kamis (3/7/2014).

 

Menurutnya, pemerintah juga membantu relawan PMI untuk memberikan pelayanan kesehatan berbasis masyarakat. “Kami undang dari kabupaten-kabupaten untuk kami latih relawan,” imbuh Safkaur.

 

Di bidang penanggulangan bencana, pihaknya sudah melatih kader untuk kesiapsiagaan bencana. “Kami lebih banyak gunakan relawan, karena mereka ini tulang punggung PMI.”

 

Di bidang Penanggulangan Bencana, PMI dibawah kepemimpinan Jusuf Kalla sejak awal (2009) memberlakukan strategi “6 Jam Tiba”, yang artinya PMI mampu melaksanakan tindakan awal darurat bencana pada 6-jam per kesempatan pertama.

 

Lembaga PMI di daerah, menurut Safkaur, sejauh ini baru 9 kabupaten yang sudah resmi ada kepengurusan. Sedangkan 6 kabupaten lainnya sudah ada SK, tinggal pelantikan. “Sedangkan kabupaten yang baru dimekarkan, sedang kami jajaki kesiapan mereka,” tuturnya.

 

PMI juga sudah masuk ke lingkungan pendidikan. Kata dia, sekolah-sekolah ada unit Palang Merah Remaja (PMR).

 

“Kalau di Jayapura, ada korps relawan di tingkat perguruan tinggi, di Uncen dan Uniyap. Sudah kami bentuk, dan sudah berikan pelatihan-pelatihan dasar,” kata Safkaur.

 

Tentang ketersediaan fasilitas PMI Papua, ia menjelaskan, “Kami di PMI hanya dua alat transfusi darah. Satu di Jayapura, dan satunya di Wamena. Sedangkan yang lain-lain bisa kerja sama dengan rumah sakit.”

 

Untuk itu, menurut dia, Gubernur Lukas Enembe telah menghimbau agar hal ini bisa diperhatikan, sebab kegiatab PMI sangat penting.

 

Ia menambahkan, dalam beberapa bidang kerja, PMI punya program kemitraan strategis dengan beberapa instansi pemerintah dan pihak terkait.

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Freeport Serahkan Tiga Ton Bama Bagi Warga Distrik Iwaka yang Terdampak...

0
"Kami mengapresiasi dukungan PTFI dan semoga kerja sama ini terus berjalan dengan baik. Terima kasih PTFI selalu hadir untuk masyarakat Mimika dan sebagai bagian mitra kerja pemerintah," kata Mozes.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.