ArsipJacksen Tiago: Faktor Tuan Rumah Saja Tidak Cukup!

Jacksen Tiago: Faktor Tuan Rumah Saja Tidak Cukup!

Senin 2014-08-25 18:44:45

PAPUAN, Jayapura — Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago menegaskan, faktor tuan rumah yang dimiliki anak-anak Mutiara Hitam dalam pertandingan melawan Kuwait SC, Selasa (26/8/2014) mendatang, tidaklah cukup.

“Saya mengatakan kepada pemain, yang paling penting adalah menjauhkan diri dari kesombongan dan ego, sebab faktor tuan rumah saja tidak cukup untuk kita menang,” tegas Jacksen, saat memberikan keterangan pers, siang tadi, di Stadion Mandala, Jayapura, Papua.

 

Menurut Jacksen, usai pulang pertandingan dari Qatar, ia bersama para pemain telah menjalani sesi latihan bersama, termasuk melakukan evalusi terhadap beberapa kelemahan saat kalah 2-3 dari Kuwait SC.

 

“Kita saat ini melawan juara bertahan, sebab sudah tiga kalia mereka juara di kompetisi AFC. Kalau kita mau lolos, harus benar-benar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

 

Pelatih asal Brazil ini juga menegaskan, jika Persipura memenangkan pertandingan besok, maka akan menjadi sebuah sejarah besar bagi pecinta sepak bola di Indonesia, dan secara khusus di tanah Papua, sebab dapat mengalahkan juara bertahan.

 

“Kita sudah membuktikan menang beberapa kali di Liga Indonesia, maka di tingkat AFC kita juga harus membuktikan itu. Kita pelatih dan manajemen sudah melakukan evaluasi, dan menyarankan pemain agar mengeluarkan kemampuan terbaik mereka,” ujar Jacksen.

 

Terkait kekalahan dalam pertandingan di Kuwait, mantan pemain Persebaya Surabaya ini menuturkan, faktor kelelahan dan cuaca menjadi penyebab utama, apalagi pertandingan dilangsungkan pada malam hari.

 

Tetapi untuk pertandingan saat ini, lanjut Jacksen, anak-anak didiknya sudah sangat siap, apalagi lawan posisi yang kelelahan karena melakukan perjalanan yang cukup jauh, Jackson menggangap itu sebagai keuntungan bagi Persipura.

 

“Cuaca disana waktu itu 44 derajat celcius, yang jadi perbedaan hanya jam saja, mereka biasa main jam delapan malam, tapi sekarang mereka main jam setengah empat. Ini keuntungan untuk kita. Tapi yang jelas, tim besar seperti mereka pasti sudah siap.”

 

Jacksen berharap, evalusi internal yang sudah dilakukan pelatih dan manajemen dapat membuahkan hasil yang menggembirakan bagi pecinta sepak bola di tanah Papua. (Baca: Lawan Persipura, Kuwait Waspadai Serangan Balik).

 

“Namun saya menaruh rasa hormat kepada para pemain, karena mampu memberikan perlawanan kepada lawan saat menjadi tamu. Kita juga harus memberikan apresiasi kepada para pemain, agar dapat menciptakan sejarah untuk kita,” ungkap pelatih yang telah sukss membawa Persipura Jayapura juara sebanyak tiga kali.

 

Sebelumnya Persipura Jayapura pada pertemuan pertama dengan Kuwait SC di Stadiun Kuwait Sport Center kalah dengan skor 2-3. Kuwait SC merupakan juara Piala AFC edisi sebelumnya.

 

Untuk lihat foto-foto: Technical Meeting Persipura Jayapura dan Kuwait SC

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Masalah Politik Mendominasi Kunjungan Menteri Prancis Gérald Darmanin di Kaledonia Baru

0
"Kami bekerja dengan sangat baik dengan teman-teman Australia kami yang juga mengamati perkembangan Kaledonia Baru dengan sangat cermat. Kami ingin bekerja sama dengan mereka dalam hal perlindungan strategis dalam kaitannya dengan kekuatan besar seperti Cina, yang terkadang berperilaku predator terhadap wilayah kami".

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.