ArsipRektor Uncen Baru Harus Orang Asli Papua

Rektor Uncen Baru Harus Orang Asli Papua

Selasa 2013-02-26 15:44:45

PAPUAN, Jayapura— Zeth Wenda, salah satu pengurus BEM FISIP Universitas Cenderawasih berharap rektor baru yang akan dipilih nantinya adalah orang asli Papua, serta yang mengerti kondisi kampus, serta mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di kampus.

"Rektor baru harus punya kemampuan untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di kampus, dan tentu harus orang asli Papua, karena Uncen milik orang Papua," kata Zeth, saat memberikan keterangan kepada wartawan di sela-sela aksi, Selasa (26/2/2013) siang tadi.

“Yang pantas jadi rektor adalah mereka yang dekat dengan seluruh mahasiswa dan para dosen, serta punya kemampuan untuk mengatasi semua masalah yang ada di kampus ini,” tegas Wenda.

Alasan non-Papua diminta untuk tidak mencalonkan diri sebagai rektor Uncen sebab amanat UU Otsus memberikan jaminan kepada orang asli Papua untuk menjadi tuan diatas tanah air mereka sendiri.

"Kami akan menolak bila ada calon rektor orang luar dari Papua, harus orang asli Papua," tegas Zeth lagi.

Kami mengaharapkan agar rektor yang akan terpilih nanti adalah rektor yang tahu mengapa kampus uncen harus ada dan rektor yang tahu semua persoalan serta rektor yang menyelaesaikan persoalan di kampus dengan jelih.

Disampaikan juga, jika rektor baru yang terpilih nanti tidak menjawab kebutuhan mahasiswa Uncen, tentu aksi dari mahasiswa akan terus dilakukan agar mendapat respon posifitf.

ARNOLD  BELAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Atasi Konflik Papua, JDP Desak Pemerintah Buka Ruang Dialog

0
“JDP menyerukan kepada pemerintah agar konflik bersenjata di Tanah Papua harus dapat diakhiri dengan mengedepankan cara-cara damai yakni melalui dialog,” kata Warinussy.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.