ArsipJangan Mempolitisir Penambangan Emas di Degeuwo

Jangan Mempolitisir Penambangan Emas di Degeuwo

Rabu 2012-04-04 13:55:30

PAPUAN, Jayapura — Melihat banyak masalah dan persoalan yang terjadi di areal pertambangan liar, Degeuwo, Papua, Thobias Bagubau, ketua masyarakat adat setempat minta pertambangan ditutup.

Menurut Bagubau, masalah penambangan liar yang berlangsung di Degeuwo kini sudah memasuki tahun yang kesepuluh, namun belum mendapat perhatian yang serius dari pemerintah.

“Kami sudah mengadvokasi masalah penambangan liar di Degeuwo tersebut ke pihak Pemerintah Daerah Paniai maupun Pemerintah Provinsi Papua untuk menyelesaikan masalah ini.”

Lanjut dia, namun sampai saat ini belum ada respon, bahkan terkesan diabaikan oleh Pemerntah Daerah maupun Pemerintah Provinsi.

Thobias juga menghimbau kepada pihak-pihak tertentu yang sering mempolitisir dan menghancurkan daerah sepanjang kali Degeuwo untuk menghentikan perbuatannya dan siap bertanggung jawab atas perbuatan tersebut.

Sementara itu, salah satu warga di sepanjang Kali Degeuwo, Yance Nawipa meminta agar oknum-oknum yang selama ini berlagak “malaikat” untuk bicara tentang Degeuwo, namun punya maksud tertentu agar menghentikan perbuatannya.

“Jangan bicara atas nama kepentingan rakyat Degeuwo untuk cari makan dan kepentingan perut sendiri, kami terus mencari keadilan dan kebenaran yang dirampas dari Degeuwo,” tutur Yance.

Yance juga menghimbau agar ketika berbicara tentang hak-hak rakyat di Degeuwo, maka diharapkan dapat bicara dengan jujur demi kepentingan masyarakat setempat.

Aktivitas penambangan liar di Kali Degeuwo, Distrik Bogobaida, Kabupaten Paniai, Papua, telah berlangsung sejak tahun 2003.

Tiap harinya, puluhan ton dihasilkan dari pendulangan liar tersebut. Banyak warga non-Papua yang menambang dengan mengguinakan alat-alat canggih, sehingga masyarakat setempat yang masih sangat tradisional dengan sendirinya tersingkir.

Aparat TNI/Polri selalu membeking keberadaan penambang non-Papua, dalam beberapa tahun belakangan ini juga banyak warga sipil setempat yang menjadi korban akibat ditembak aparat keamanan.

ARNOLD BELAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

MRP-PP Minta Penyelenggara Pemilu Berkomitmen Dukung Caleg Putra Daerah

0
"Karena itu, saya berharap buat komitmen dan berikan suara rakyat itu kepada yang punya komitmen untuk membangun Papua Pegunungan, meletakkan fondasi pembangunan. Bukan membeli jabatan untuk kepentingan pribadi dan kelompok tertentu," ungkapnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.