ArsipEdwar Natapei: Pertemuan di Vanuatu Harus Persatukan Orang Papua

Edwar Natapei: Pertemuan di Vanuatu Harus Persatukan Orang Papua

Selasa 2014-12-02 10:34:00

VANUATU, SUARAPAPUA.com –- Mantan Perdana Menteri Vanuatu, Edwar Natapei, menegaskan, pertemuan antar pimpinan politik rakyat Papua Barat di Port Villa, harus mempersatukan semua kelompok agar Papua dapat diterima dalam Melanesia Spearhead Group (MSG).

“Kami berharap setelah pertemuan ini, keluar sebuah kesepakatan untuk bersatu diantara orang pimpinan politik rakyat Papua Barat,” kata Natapei, dalam wawancara yang dilansir Radio New Zealand, Senin (1/12/2014) waktu setempat. (Baca: Ini Himbauan KNPB untuk Pemimpin Politik Rakyat Papua Barat di Vanuatu).

 

Natapei mengatakan, jika kelompok-kelompok perjuangan di Papua Barat sudah bersatu, artinya tak ada alasan untuk MSG menolak keanggotaan West Papua di kemudian hari. (Baca: Peringati HUT Papua Merdeka, 10 Kota di Australia Kibarkan Bendera Bintang Kejora).

 

“Karena itu harus bersatua dulu, setelah itu pasti tidak ada alasan untuk MSG mengakui Papua sebagai anggota,” kata mantan Perdana Menteri yang vokal memberikan dukungan untuk kemerdekaan Papua Barat ini.

 

Sementara itu, Amatus Douw, Presiden mahasiswa dan Papua di Australia menegaskan, konfrensi akan menyatukan semua pimpinan politik di Papua Barat, dan berharap bisa mendapat akses penuh ke MSG. (Baca: Ibadah dan Orasi Politik Hiasi Perayaan 1 Desember di Jayapura).

 

“Kami berharap semua kelompok perlawanan yang berbeda di Papua Barat dan di luar Papua Barat bersatu dalam satu payung organisasi, dan dari situ kita sama-sama membuat aplikasi untuk keanggotaan di MSG,” kata Douw.

 

Rencananya, pertemuaan pimpinan politik Papua Barat yang difasilitasi oleh pemerintah Vanuatu, dan dihadiri oleh sekitar 200 orang utusan ini akan berlangsung hingga, Kamis (4/12/2014. (Baca: Polisi Hadang Massa di Bundaran HI, Korlap: Kami Dilarang ke Istana Negara).

 

Di berbagai Negara di dunia, termasuk di Papua Barat, Jakarta, dan Timor Leste, menggelar aksi memberikan dukungan penuh kepada simposium rakyat Papua Barat yang akan digelar empat hari lamanya.

 

Lihat foto-foto aksi: Ini Foto Aksi Pengibaran Bendera Bintang Kejora di Sejumlah Negara

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Gawat! Di Mimika, 2.500 Ekor Babi Mati Terserang Virus ASF

0
“Hampir setiap hari babi-babi mati akibat terpapar virus ASF, sehingga kandangnya harus disterilkan untuk mencegah penularan lebih lanjut. Vaksinnya memang belum ada. Jadi, upaya memutus mata rantai penyebaran virus ASF di kabupaten Mimika harus terus dilakukan. Dan, itu yang kami dorong kepada para peternak agar harus berperan aktif,” kata drh. Sabelina Fitriani.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.