ArsipKesadaran Masyarakat Jayawijaya Menggunakan Kondom Sudah Sangat Meningkat

Kesadaran Masyarakat Jayawijaya Menggunakan Kondom Sudah Sangat Meningkat

Kamis 2015-03-05 18:43:30

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Walaupun stok kondom di Kabupaten Jayawijaya minim, berdasarkan hasil pemetaan selama tiga tahun terakhir ternyata kesadaran masyarakat Jayawijaya menggunakan kondom progresnya cukup baik.

“Di wilayah Kabupaten Jayawijaya dan sekitarnya banyak masyarakat yang sadar dalam menggunakan kondom, namun harus di sosialisasikan terus menerus dan perlu disiapkan,” kata Gus Suta Kertya, fasilitator dari SUM I Provinsi Papua kepada di Wamena, Selasa (5/3/2015) siang tadi.

 

Gus menjelaskan, dari hasil pendataan serta pemetaan yang dilakukan KPA Provinsi dan KPA Jayawijaya sejak tiga tahun terakhir terbukti bagus progresnya. (Baca: Rp 4 Milyar untuk Penanggulangan HIV dan AIDS di Jayawijaya)

 

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan pihaknya merupakan salah satu program pengendali AIDS dan IMS di Jayawijaya yang bekerjasama dengan KPA Provinsi, KPA Kabupaten, Pemerintah serta LSM.

 

“Jadi kegiatan ini berkaitan dengan desiminasi penyampaian hasil pemetaan yang sudah dilakukan di Kabupaten Jayawijaya dan hingga saat ini sudah dilakukan selama tiga kali di Kabupaten Jayawijaya,” ungkap Gus.

 

Gus juga mengatakan, pihaknya menginginkan agar supaya kondom dapat menjadi salah satu alat pencegahan penyakit kelamin untuk nantinya dapat benar-benar dipahami serta bisa di akses dengan mudah oleh masyarakat.

 

Selain itu, lanjut dia, stoknya kondom di Kabupaten Jayawijaya juga harus mencukupi dimana pelaksanaannya dilapangan dapat dikerjakan oleh teman-teman.

 

“Jadi kami kemarin menyimpulkan data di lapangan dengan GPS dan dengan melakukan wawancara dengan pengguna kondom dengan tempat-tempat terjadi transaksi seks,” ujar Gus.

 

Gus mengharapkan, apotek Puskesmas serta masyarakat luas terutama mama-mama pedagang asli dapat menjadi Outlate guna mencegah penularan penyakit yang menjadi musuh semua orang saat ini.

 

Sementara itu, Sekertaris KPA Kabupaten Jayawijaya, Daulat Martua Raja Siregar mengatakan, hasil dari desiminasi yang ada pihaknya akan menyerahkan langsung kepada Pemerintah Daerah, sehingga pemerintah menindaklanjutinya dengan rekomendasi yang disepakati.

 

“Kami harap dengan hasil Desiminasi yang dilakukan KPA Provinsi dan KPA Jayawijaya serta LSM ini dapat membuka ruang bagi pemerintah agar dapat melakukan pengadaan kondom,” pungkas Martua.

 

Editor: Mikael Kudiai

 

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.