ArsipJokowi Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Pasar di Sentani

Jokowi Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Pasar di Sentani

Minggu 2014-12-28 04:38:57

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Presiden Joko Widodo baru memenuhi janjinya kepada warga Papua untuk membangun pasar di kota Sentani dan Jayapura.

Seperti ditulis kompas.com, Sabtu (27/12/2014), Jokowi meletakkan batu pertama pembangunan pasar Pharaa, Sentani, Jayapura, Papua. Pasar seluas kurang lebih 48.339 meter persegi ini akan dilengkapi dengan rumah keluarga sejahtera (rumah sehat) dan rumah anak harapan (rumah pintar). (Baca: Jokowi: "Minimal Tiga Kali Setahun Saya Akan ke Papua")

"Saya datang ke Papua untuk memenuhi janji saya untuk membangun pasar di Sentani dan di Jayapura. Perlu diingat, pasar ini diberikan gratis kepada pedagang, tidak ada yang bayar. Jadi hati-hati, kalau ada yang bayar, laporkan kepada saya," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menjelaskan, pembangunan pasar Pharaa akan membutuhkan waktu sekitar setahun lamanya. (Baca: Jokowi Sesalkan Peristiwa Kekerasan di Kabupaten Paniai)

"Jadi, tahun baru 2016, saya akan ke Sentani lagi untuk meresmikan pasar ini," ujarnya disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Selain pasar Pharaa, Jokowi juga mulai membangun pasar Mama-mama di Jayapura dan pasar Bhuyaka di Sentani. (Baca: Imparsial: Jokowi Segera Membentuk TGPF Terkait Penembakan di Paniai)

Jokowi juga mengatakan, dipilihnya pasar untuk mama-mama ini, karena wanita Papua masih mempunyai pola hidup memetik dan berburu yang kemudian dijual ke pasar.

Kehadiran Presiden Jokowi di Sentani disambut gembira masyarakat di daerah itu. Dalam kesempatan itu, Presiden juga berkunjung ke salah satu pesantren di Jayapura dan bertemu dengan para relawan yang memenangkan suara di Papua pada Pilpres lalu.

Malam harinya, Presiden Jokowi menghadiri Perayaan Natal Bersama di Stadion Mandala Jayapura. (Baca: Presiden Jokowi Temui Benny Giay dan Sejumlah Pimpinan Gereja Sebelum ke Papua)

Sebelumnya, menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), puluhan warga Papua di Sosial, Sentani, Jayapura, Papua, melakukan aksi protes, meminta Jokowi untuk tidak melangsungkan kunjungan di tanah Papua.

Puluhan massa aksi itu kemudian ditangkap oleh aparat gabungan TNI/Polri, tepat di depan Markas Batalyon Infanteri (Yonif) 751/Vira Jaya Sakti, dan kini sedang diamankan di Kepolisian Resort Jayapura, Doyo, Sentani.

 

Salah satu saksi mata, Yarikus mengatakan, puluhan massa aksi yang rata-rata warga usia lanjut, awalnya melakukan long march dari jalan Sosial, dan ingin melakukan perjalanan ke Bandara Sentani, menunggu kedatangan Presiden Jokowi.

 

“Saya lihat mereka semua pakai hiasan adat, dan turun jalan kaki dari Sentani, saat sampai di depan Batalyon 751/VJS, mereka langsung dihadang dan ditangkap oleh sejumlah anggota Polisi dan TNI,” jelasnya. (Baca: Demo Tolak Kedatangan Jokowi, Sejumlah Warga Ditahan di Sentani)

MIKAEL KUDIAI

Terkini

Populer Minggu Ini:

Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

0
“Lawan Persiraja Banda Aceh di leg kedua menarik disaksikan. Bagi kami, target tiga poin sudah pasti. Kami mau berikan yang terbaik. Doakan kami agar pertandingan berjalan baik dan sudah pasti apa yang kami bisa kerjakan siap laksanakan di lapangan hijau,” ujar Regi Aditya Yonathan, pelatih kepala PSBS Biak.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.