STSP Akan Dikembangkan Jadi Institut Seni Budaya Papua

0
720
Asisten II Sekda Papua memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan (Foto: Agus Pabika/Suara Papua)
Asisten II Sekda Papua memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan (Foto: Agus Pabika/Suara Papua)

PAPUAN, Jayapura — Sekolah Tinggi Seni Budaya (STSB) Jayapura, Papua, akan dikembangkan menjadi sebuah institut yang wadahnya lebih tinggi, yakni menjadi Institut Seni dan Budaya Papua (ISBP).

Rektor ISI Denpasar, Dr. I. Gede Arya Sugiartha, S.Kar. M. Hum, selaku pelaksana tugas pendirian ISBI Papua menjelaskan, peningkatan STSB menjadi ISBP merupakan kesepakatan bersama semua pihak.

“Statusnya juga akan berubah dari yang sebelumnya swasta dan sekarang menjadi Negeri, dengan demikian pembiayaannya akan ditanggung negara,” kata Sugiartha, kepada wartawan, Kamis (07/8/2014) siang di Jayapura, Papua.

Disampaikan, dari yang awalnya hanya dua program studi, akan dikembangkan menjadi lima program studi, yakni, Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa Murni, Seni Kriya dan Desain komunikasi Visual.

“Kedepan sesuai dengan perkembangan, tidak menutup kemungkunan akan ditambahkan ilmu-ilmu seni yang baru, tentu sesuai dengan potensi yang ada di Papua,” katanya

Saat ini, lanjut Sugiartha, dirinya selaku penanggung jawab berdirinya ISBP sedang menunggu Surat Keputusan (SK) Presiden untuk pendirian lembaga pendidikan ini.

“Kalau tidak ada halangan, mudah-mudahan bisa tahuni ini. Kami berharap menjadi perguruan tinggi besar di Tanah Papua kedepan,” tutupnya.

 

AGUS PABIKA