BeritaPendidikan & KesehatanSTSP Akan Dikembangkan Jadi Institut Seni Budaya Papua

STSP Akan Dikembangkan Jadi Institut Seni Budaya Papua

Asisten II Sekda Papua memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan (Foto: Agus Pabika/Suara Papua)
Asisten II Sekda Papua memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan (Foto: Agus Pabika/Suara Papua)

PAPUAN, Jayapura — Sekolah Tinggi Seni Budaya (STSB) Jayapura, Papua, akan dikembangkan menjadi sebuah institut yang wadahnya lebih tinggi, yakni menjadi Institut Seni dan Budaya Papua (ISBP).

Rektor ISI Denpasar, Dr. I. Gede Arya Sugiartha, S.Kar. M. Hum, selaku pelaksana tugas pendirian ISBI Papua menjelaskan, peningkatan STSB menjadi ISBP merupakan kesepakatan bersama semua pihak.

“Statusnya juga akan berubah dari yang sebelumnya swasta dan sekarang menjadi Negeri, dengan demikian pembiayaannya akan ditanggung negara,” kata Sugiartha, kepada wartawan, Kamis (07/8/2014) siang di Jayapura, Papua.

Disampaikan, dari yang awalnya hanya dua program studi, akan dikembangkan menjadi lima program studi, yakni, Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa Murni, Seni Kriya dan Desain komunikasi Visual.

“Kedepan sesuai dengan perkembangan, tidak menutup kemungkunan akan ditambahkan ilmu-ilmu seni yang baru, tentu sesuai dengan potensi yang ada di Papua,” katanya

Saat ini, lanjut Sugiartha, dirinya selaku penanggung jawab berdirinya ISBP sedang menunggu Surat Keputusan (SK) Presiden untuk pendirian lembaga pendidikan ini.

“Kalau tidak ada halangan, mudah-mudahan bisa tahuni ini. Kami berharap menjadi perguruan tinggi besar di Tanah Papua kedepan,” tutupnya.

 

AGUS PABIKA

Terkini

Populer Minggu Ini:

Panglima TNI Didesak Tangkap dan Adili Prajurit Pelaku Penyiksa Warga Sipil...

0
“Oleh sebab itu, LBH - YLBHI mengutuk keras praktek penyiksaan yang dilakukan oleh prajurit TNI terhadap warga Papua. LBH-YLBHI mendesak Komnas HAM secepatnya melakukan penyelidikan dan menuntut para pelaku penyiksaan menyerahkan diri untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya serta mendesak panglima TNI turun tangan melakukan penangkapan para pelaku,” tegasnya dalam rilis yang diterima suarapapua.com, Senin (25/3/2024).

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.