ADVERTORIALTolak Pemekaran, AMP Demo ke DPR RI dan Kemendagri

Tolak Pemekaran, AMP Demo ke DPR RI dan Kemendagri

PAPUAN, Jakarta — Puluhan pemuda dan mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Papua (AMP), siang tadi, Senin (4/11/2013) melakukan demo damai ke Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan Kantor Kementerian Dalam Negeri untuk menyatakan sikap penolakan terhadap pemekaran 33 Daerah Operasi Baru (DOB) di tanah Papua.

Elias Petege, salah satu orator aksi mengatakan, mayoritas rakyat Papua dan Papua Barat tidak menghendakinya ada pemekaran 33 DOB di tanah Papua, termasuk 3 provinsi baru, seperti yang telah di setujui DPR RI.

Baca Juga:  Pemda Intan Jaya Umumkan Jadwal Pelaksanaan Tes CAT K2

“Pemekaran 33 DOB di tanah Papua tak akan jawab persoalan. Kami dengan tegas menolak rencana itu. DPR RI harus membatalkan RUU yang telah di susun,” ujar Petege, saat berorasi di depan kantor DPR RI.

Menurut Petege, dengan adanya pemekaran daerah yang baru, justru peluang untuk berdirinya kompleks-komplek militer seperti Kodim, Batalyon, Korem, Polsek, Polres, dan Polda akan bertebaran di tanah Papua, yang justru mengancam eksistensi orang asli Papua.

Baca Juga:  BNPB RI Tiba di Intan Jaya Tinjau Korban Bencana Alam

 

OKTOVIANUS POGAU

2 KOMENTAR

Terkini

Populer Minggu Ini:

Upaya Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Jaga Pasokan BBM Saat...

0
“Terkait lonjakan kebutuhan bahan bakar, kami sudah prediksi akan terjadi, sehingga upaya yang kami lakukan adalah dengan memastikan ketahanan stok BBM harus dalam kondisi yang mencukupi untuk melayani kebutuhan masyarakat di masa RAFI ini,” kata Sunardi.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.