Pemilukada Intan Jaya Harus Dilaksanakan Sesuai Aturan

0
7000

Sabtu 2012-04-28 11:00:45

Misael mengatakan, Pemilukada yang akan digelar pada bulan Agustus 2012 mendatang jangan sampai mengorbankan rakyat sipil.

“Pilkada harus dilaksanakan dengan baik, jangan sampai ada masyarakat sipil yang menjadi korban,” tegas Misael.

Sebab, lanjut dia, dari beberapa konflik yang terjadi di Papua hanya karena masalah Pemilukada yang tidak dilaksanakan dengan baik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembagan penyelenggara.

“Kami tidak mau konflik yang terjadi di darah lain kembali terulang di Intan Jaya,” tegasnya kepada wartawan.

Pihaknya juga minta supaya pemerintah daerah mengingat komitmen yang pernah disampaikan pada saat acara syukuran kehadiran Kabupaten Intan Jaya di Nabire.

“Pada tahun 2008 pemerintah pernh nyatakan kalau Intan Jaya ingin menjadi kabupaten percontohan bagi daerah lain, nah komitmen tersebut harus direalisasikan melalui Pilkada,” katanya.

Anggota KOMISIS lain, Yustinus Nambagani juga berharap tidak ada korban jiwa ditubuh masyaralat sipil ketika Pemilukada dilangsungkan.

Karel Kobogau, sekertaris KOMISI juga berharap supaya mayarakat Intan Jaya tidak terpengaruh dengan isu-isu yang berkembang dengan tujuan menghancurkan kehidupan masyarakat Intan Jaya.

“Masyarakat jangan terlalu cepat menanggapi hal-hal tersebut, lihat dulu letak persoalan yang terjadi lalu bertindak,” tambahnya.

Dalam beberapa point pernyataan, salah satunya meminta agar pelajar dan mahasiswa asal Intan Jaya untuk tidak terlibat secara aktif dalam Pemilukada.

“Kita punya tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bukan terlibat lebih jauh,” jelas Misael.

KOMISI berharap Pemilukada Intan Jaya dapat dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang No. 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Peraturan KPU No. 1 Tahun 2007 tentang Pedoman Tata Cara Penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah.

Kabupaten Intan Jaya dimekarkan pada tahun 2008 bersamaan dengan Kabupaten Deiyai. Kabupaten Induk kedua daerah operasi baru ini adalah Kabupaten Paniai.

ARNOLD BELAU