BeritaPolhukamJelang Aksi 2 Mei 2016, Polres Jayawijaya Tahan Tiga Aktivis KNPB di...

Jelang Aksi 2 Mei 2016, Polres Jayawijaya Tahan Tiga Aktivis KNPB di Wamena

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Tiga anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Lapago di Wamena ditangkap anggota Timsus Polres Jayawijaya dan sementara masih ditahan di Polres Jayawijaya.

Hal itu disampaikan, Tugi S. Hilapok, sekretaris PRD Wilayah Lapago kepada suarapapua.com melalui sambungan telepon, Minggu (1/5/2016) malam.

Menurut Tugi, awal penangkapan satu anggota KNPB atas nama Dua Hiluka terjadi pada Sabtu (30/4/2016) di depan sekretariat KNPB Wilayah Balim Wamena sekitar jam 10 pagi.

Baca Juga:  MRP dan DPRP Fraksi Otsus se-Tanah Papua Minta Jokowi Terbitkan Perppu Hak Politik OAP

Ketika itu, sejumlah anggota KNPB menunggu kedatangan Tapol Papua, Linus Hiluka untuk bersama-sama ke Polres Jayawijaya sesuai undangan yang disampaikan Kapolres Jayawijaya berkaitan dengan surat pemberitahuan aksi tanggal 2 Mei 2016 yang KNPB sampaikan ke Polres Jayawijaya.

Sementara, kata Tugi, dua anggota KNPB lainnya yang ditahan aparat keamanan dari Polres Jayawijaya, Minggu (1/5/2016) atas nama Harry Kossay dan Melawan Wantik. Mereka dua bersama sejumlah rekan lainnya datang hendak mengecek Dua Hiluka yang ditahan sebelumnya. Ketika mereka tiba di Polres Jayawijaya, langsung ditahan pula.

Baca Juga:  PGGY Kebumikan Dua Jasad Pasca Ditembak Satgas ODC di Dekai

“Ada sejumlah rekan lainnya, tetapi disuruh pulang dan mereka tahan Harry Kossay dan Melawan Wantik bersama Dua Hiluka yang sudah ditahan kemarin,” kata Tugi.

Katanya, pemanggilan anggota KNPB pada hari Sabtu kemarin memang berkaitan dengan surat pemberitahuan yang diajukan KNPB untuk gelar aksi mendukung IPWP dan keanggotaan penuh ULMWP di MSG.

Baca Juga:  Yakobus Dumupa Nyatakan Siap Maju di Pemilihan Gubernur Papua Tengah

“Penahanan hari ini termasuk rencana aksi tanggal 2 Mei 2016 besok. Jadi, untuk sementara mereka tiga masih ditahan di Polres Jayawijaya, kebetulan Harry Kossay dan Melawan Wantik adalah koordinator lapangan untuk aksi besok,” pungkasnya.

 

Editor: Arnold Belau

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

PWI Pusat Awali Pra UKW, 30 Wartawan di Papua Tengah Siap...

0
“Tujuan dari pra UKW ini, para peserta dapat mengetahui proses uji kompetensi yang akan digelar di Nabire dan Riau,” kata Hendry Ch Bangun sembari berharap semua peserta UKW dinyatakan lulus.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.