adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— David Laly, mantan pemain Persipura Jayapura yang saat ini membela Persib Bandung telah mencetak gol pertamanya dalam Indonesia Soccer Championship (SIC) dalam laga melawan Bali United.

Kemenangan perdana bagi Persib pada kompetisi musim 2016/2017 itu menyisakan catatan unik untuk David Laly, salah satu pesepak bola asal Papua yang juga pernah membela tim kebanggaan rakyat Papua, Persipura Jayapura.

Kemenangan telak 2-0 atas Bali United itu langsung mendongkrak posisi Persib Bandung di tabel peringkat Indonesia Soccer Championship 2016.

Baca Juga:  PSBS Biak Pecahkan Sejarah: Laju ke Final Liga 2 Sekaligus Promosi Liga 1

Laly, pemain berusia 24 tahu itu sukses mencetak gol pertamanya pada ISC 2016. Yang lebih menarik lagi, David Laly adalah pemain Papua pertama yang menyumbangkan gol untuk Maung Bandung di pentas liga Indonesia. Kendati terkenal akan bakat-bakat besarnya, pemain Papua memang sangat jarang memperkuat Persib, seperti dilansir pikiran-rakyat.com pada Selasa, 17 Mei 2016.

Sebelum bergabungnya David, tercatat hanya dua orang saja utusan Papua yang berhasil ambil bagian dalam skuat Persib dan keduanya tidak memiliki rekaman catatan gol di ajang liga. Mereka adalah Cornelis Rudolf dan Alexander Pulalo.

ads
Baca Juga:  Hajar Semen Padang 3-0, PSBS Biak Kunci Juara Liga 2

Tidak banyak informasi tentang masa pengabdian Cornelis Rudolf untuk Persib. Namun, nama Cornelis cukup dikenang di kalangan bobotoh lantaran menjadi bagian skuat Persib yang bertabur bintang sekaligus gelar pada pertengahan era 1980-an, termasuk gelar juara kompetisi perserikatan 1986.

Papua selanjutnya adalah Alexander Pulalo. Dia juga tidak memiliki rekaman membuat gol untuk Maung Bandung. Pulalo berkostum Persib pada 2004 dan menjadi idola bobotoh karena permainan atraktif sebagai bek sayap. Namun, setidaknya berdasarkan catatan Wikipedia, Pulalo belum pernah menyumbangkan gol buat Maung Bandung di pentas liga dan juga gagal emberikan gelar prestisius buat Maung Bandung.

Baca Juga:  Manajer RANS FC Kembali Merumput, Kok Bisa?

Musim ini, Persib mengukir rekor dengan merekrut dua pemain asal Papua sekaligus. Selain David Laly di posisi winger, ada juga Rudolof Yanto Basna yang bermain sebagai stopper. Gol beraroma pekat keberuntungan yang menerjang gawang Bali United menempatkan David Laly sebagai Papua pertama yang sanggup mencetak gol buat Maung Bandung.

 

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaKondisi Steven Itlay Makin Memburuk
Artikel berikutnyaWarinussy: Kesehatan Tiga Aktivis KNPB di LP Kelas II B Manokwari Buruk