Warinussy: Kesehatan Tiga Aktivis KNPB di LP Kelas II B Manokwari Buruk

0
2992

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Yan Christian Warinussy, direktur eksekutif LP3BH Manokwari Papua Barat, kepada suarapapua.com, Selasa (17/5/2016) mengatakan, kondisi tiga aktivis KNPB yang saat ini sedang berada di lembaga pemasyarakatan kelas II B Manokwari tidak terjamin kesehatannya.

ā€œHari ini, Selasa (17/5) sekitar pukul 09:30 wit, saya selaku Advokat dan Pembela HAM dan sebagai Koordinator Tim Advokasi bagi terpidana atas nama Alexander Nekenem, Maikel Aso, Yoram Magay dan Narko Murib dapat berkesempatan bertemu keempat terpidana tersebut di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari-Provinsi Papua Barat,ā€ jelas Warinussy dari Manokwari, Papua Barat.

Baca Juga:  Kotak Suara Dibuka di Pleno Tingkat Provinsi PBD, Berkas C1 Tak Ditemukan

Dia menjelaskan, pertemuan ini berlangsung di ruang kerja Kepala Keamanan Lapas (KPLP) Manokwari selama lebih kurang 1 (satu) jam dan kami berbicara seputar kondisi kesehatan keempat terpidana politik tersebut.

ā€œSaya menyaksikan secara visual bahwa Alexander Nekenem yang juga adalah Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mnukwar/Manokwari sedang mengalami sakit berupa adanya benjolan pada bagian leher sebelah kanan belakang batok kepalanya, Menurut penuturan Alex, dia seringkali merasa bagian kepalanya yang ada benjolan tersebut terasa panas,ā€ ungkap Warinussy.

Baca Juga:  Suku Abun Gelar RDP Siap Bertarung Dalam Pilkada 2024

Kemudian, lanjut dia, Alex juga mengeluh bahwa bagian rusuk kanannya juga seringkali terasa nyeri dan sakit, dia sudah pernah mengeluhkan dan melaporkan hal tersebut kepada pihak Lapas, tapi hanya diberi obat tanpa penjelasan dari petugas Lapas tentang obat jenis apa dan untuk sakit apa? Sehingga dia memutuskan tidak meminum obat tersebut.

ads

ā€œSebagai Pengacaranya saya memandang bahwa Alex perlu mendapat pemeriksaan secara medis oleh dokter yang berkompeten dan ahli serta dapat dirawat demi memulihkan kondisi kesehatannya, khususnya bagian belakang kepalanya yang mengalami pembengkakan tersebut,ā€ ujarnya.

Baca Juga:  Saksi Beda Pendapat, KPU PDB Sahkan Pleno Rekapitulasi KPU Tambrauw

Warinussy juga mengatakan, selain Alex, Maikel Aso pernah dirawat di RSUD Manokwari karena sakit malaria selama hampir seminggu dan Narko Murib juga baru saja selesai menjalani perawatan selama seminggu di RSUD Manokwari karena sakit malaria tertiana dan tropika plus dua.

ā€œBerkenaan dengan itu, saya memandang bahwa para klien kami tersebut sangat memerlukan pemeriksaan secara medis saat ini dan untuk itu diperlukan pembiayaan secara khusus oleh pihak-pihak yang tersentuh dari sisi kemanusiaan dan hak asasi manusia,ā€ pungkas Warinussy.

 

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaDavid Laly Cetak Gol Pertama di ISC Untuk Persib
Artikel berikutnyaPNWP Berharap Pimpinan MSG Tidak Dengar Bisikan Luar dan Tetap Konsisten