BeritaPastor Djonga: Gereja Tidur Nyenyak Depan Realitas Pelanggaran HAM

Pastor Djonga: Gereja Tidur Nyenyak Depan Realitas Pelanggaran HAM

YOGYAKARTA, SUARAPAPUA.com — Pastor Johanes Jonga, pegiat hak asasi manusa (HAM) di Papua, penerima penghargaan Yap Thiam Hien tahun 2009 ini mengatakan, laporan Komisi Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung Brisbane, Australia, adalah tamparan keras bagi Gereja di Indonesia dan Gereja di Papua.

Gereja Katolik Brisbane mendesak Dewan HAM dan Majelis Umum PBBB untuk turun tangan, membuat investigasi yang kredibel dan independen soal pelanggaran HAM di Papua. Menurut Jonga, desakan Gereja Katolik Australia itu tidak mengejutkan karena memang kondisi hak asasi manusia di Papua terus memburuk sejak Pepera 1969.

Baca Juga:  KKB Minta Komisi Tinggi HAM Investigasi Kasus Penyiksaan OAP

Menanggapi hal itu, imam Katholik juga aktivis HAM Papua ini menegaskan, harusnya Gereja di Indonesia dan Gereja di Papua malu karena tidak mampu membuat sesuatu yang ‘lebih’ sebagai upaya menyelamatkan bangsa Papua yang sedang tertindas.

“Kita menyaksikan pelanggaran HAM di depan mata, tetapi kita tetap tidur nyenyak,” kata Jonga yang juga petugas gereja ini mengkritik gereja di Indonesia dan di Papua.

Baca Juga:  AJI, PWI, AWP dan Advokat Kecam Tindakan Polisi Terhadap Empat Jurnalis di Nabire

Sementara itu, Forum Komunikasi Pelajar dan Mahasiswa Katolik asal Papua di Daerah Istimewa Yogyakarta (FKPMKP DIY) menyatakan mendukung upaya Keuskupan Agung Brisbane, Australia, dalam desakannya meminta Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB menginvestigasi pelanggaran-pelanggaran HAM di Papua.

“FKPMKP gembira dengar gereja katolik Brisbane desak agar PBB turun tangan investigas resmi dari PBB yang independen, agar semua perosalan HAM yang Indonesia tidak mampu selesaikan ini, dapat diselesaikan. Rakyat Papua sebagai korban sudah terlalu lama menanti keadilan,” tegas Yosef Fatem, wakil ketua FKPMKP kepada Suara Papua, Rabu (18/05/2016) sore.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Segera Perintahkan Panglima TNI Proses Prajurit Penyiksa Warga Sipil Papua

FKPMKP mendesak lima keuskupan Gereja Katolik di Tanah Papua yang ada untuk mendukung upaya Keuskupan Agung Brisbane.

“Kami ingin para imam di Papua benar-benar jadi gembala, tidak hanya di mimbar, tapi ada membela umat saat HAMnya dilecehkan. Kami ingin paroki, keuskupan, tidak diam saat umatnya dibantai, dibunuh, dihilangkan hak hidupnya,” tambah Yosep Degei, sekretaris FKPMKP.

 

Pewarta: Bastian Tebai

Editor: Arnold Belau

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Lakukan Sidak ke Sejumlah SPBU...

0
"Selain menggandeng Pemprov, Pemda, dan aparat untuk melakukan pengawasan, kami juga turut mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi penggunaan BBM tepat sasaran. Jika masyarakat menemukan adanya penyalahgunaan dalam distribusi BBM terutama BBM subsidi, agar dapat dilaporkan ke pihak berwenang,” ujar Sunardi.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.