Ribuan Orang Muda Katolik ‘Banjiri’ Paroki Enarotali

0
2813

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Ribuan Orang Muda Katolik (OMK) se-Dekanat Paniai, Keuskupan Timika, hadiri kegiatan Pekan Olahraga, Seni dan Bazar (Porsenibaz) di Paroki Santo Yusup Enarotali.

Marthen Tekege, ketua I panitia pelaksana Porsenibaz ke-IV, dari Iyaitaka, Enarotali, melaporkan, peserta yang hadir mengikuti kegiatan tahunan itu berjumlah 2.000 orang.

“OMK yang hadir saat ini di Enarotali, berasal dari 8 paroki yang ada di Dekanat Paniai, yakni Paroki Komopa, Obano, Epouto, Madi, Damabagata, Waghete, Diyai, dan Paroki Enarotali sebagai tuan rumah Porseni Bas tahun ini. Terus, ada juga peserta dari tiga quasi paroki yakni Wagomani, Widimei, dan Dakabo,” jelasnya kepada suarapapua.com.

Menurut Tekege, peserta dari setiap paroki tiba di Enarotali sejak Sabtu (18/6/2016).

Baca Juga:  Panglima TNI dan Negara Diminta Bertanggung Jawab Atas Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Di sekitar komplek misi, termasuk lapangan Theo Makai, sejak beberapa hari lalu dibangun puluhan tenda yang kemudian dijadikan tempat peserta menginap selama sepekan ke depan.

ads

“Ini sangat bagus, sehingga saya atas nama pemerintah daerah sangat mendukung program Gereja Katolik, termasuk Porsenibaz yang biasa diadakan setiap tahun,” kata Bupati Paniai, Hengki Kayame, saat membuka secara resmi kegiatan ini, Senin (20/6/2016).

Hadir pada pembukaan, Wakil Bupati, sejumlah kepala SKPD bersama staf, Kapolsek Paniai Timur, Vikjen Keuskupan Timika, Tim Pastoral Dekenat Paniai, pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Paniai, dan undangan lainnya.

Baca Juga:  Hilang 17 Hari, Anggota Panwaslu Mimika Timur Jauh Ditemukan di Potowaiburu

Kegiatan bertajuk “Membangun Persekutuan, Kasih dan Damai Berdasarkan Iman”, akan diselenggarakan hingga puncaknya pada hari Minggu (26/6/2016).

“Harapan kami, pemuda gereja yang hadir di sini dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” pesan Kayame.

Pengembangan sumberdaya manusia, kata Bupati, adalah program prioritas selama masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Yohanes You, yang nota bene ketua Komisi Kepemudaan Dekanat Paniai.

“Saya apresiasi kerja keras semua pihak di sini, dan perlu diketahui bahwa pemuda itu tulang punggung gereja, termasuk pemerintah. Jadi, kegiatan ini sudah sejalan dengan program kami. Dan, hal tersebut harus terus ditingkatkan di waktu mendatang,” tutur Bupati Paniai.

Baca Juga:  Gawat! Di Mimika, 2.500 Ekor Babi Mati Terserang Virus ASF

Gereja Katolik Dekanat Paniai melalui Komisi Kepemudaan, tegas Yohanes You, berkomitmen membina OMK melalui berbagai kegiatan, salah satunya Porsenibaz. Meski banyak kendala, ia berharap, semangat berjuang dan berubah tetap ditanamkan dalam hati setiap OMK.

“Kita ada untuk menjadi pekerja misi Tuhan, menyiapkan jalan Tuhan. Semangat seperti itu harus terus dikobarkan oleh orang muda Katolik. Dan, ini sejalan dengan tema yang kita usung dalam Porsenibaz ke-IV,” tutur Wakil Bupati Paniai.

Selama sepekan, sejumlah kegiatan akan diikuti ribuan OMK. Fokus kegiatannya pembinaan mental dan spiritualitas, selain beberapa jenis lomba yang sebelumnya telah disepakati panitia bersama pengurus OMK paroki.

Pewarta: Mary Monireng

 

Artikel sebelumnyaJafri Sastra: Dari Awal Persipura Sudah Bertekad Untuk Menang
Artikel berikutnyaPemuda Papua, Bersatulah!