Freeport Sewa Lahan Milik AKRA untuk Bangun Smelter di Gresik

1
3467

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Manajemen PT Aneka Kimia Raya Corporindo Tbk (AKRA) membenarkan bahwa PT Freeport Indonesia berencana membangun pabrik pemurnian mineral atau smelter di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

“Kami memang sudah ada perjanjian penyewaan tanah dengan Freeport Indonesia,” kata Direktur Utama AKRA Haryanto Adikoesoemo di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (1/8/2016) seperti dikutip media ini dari kompas.com edisi 1 Agustus 2016.

Baca Juga:  Illegal Logging Masih Marak di Mimika, John NR Gobai: Masyarakat Dapat Apa?

Freeport dalam hal ini telah mengajukan izin prinsip kepada Badan Penanaman Modal Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka membangun smelter seluas 100 hektar di kawasan JIIPE. Meski demikian, Haryanto belum bisa memberikan keterangannya lebih lanjut karena pihaknya pun belum mengetahui kapan pembangunan smelter tersebut akan dimulai.

Kemungkinan terbesar, pembangunan dimulai setelah Freeport Indonesia mendapatkan seluruh perizinan dari pihak-pihak terkait.

Baca Juga:  Demi Lindungi Tanah dan Hutan Adat Marga Woro, Hakim PTTUN Manado Segera Batalkan Putusan PTUN Jayapura

“Kami belum tahu kapan mulai digarapnya, itu tergantung pihak Freport,” tandas Haryanto.

ads

Sekadar informasi, JIIPE merupakan kawasan industri seluas 1.800 hektar yang terintegrasi dengan pelabuhan, yang dikembangkan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, anak usaha PT Pelindo III (Persero), PT Usaha Era Pratama Nusantara, dan anak usaha PT AKR Corporindo Tbk (AKRA).

Baca Juga:  Peringati Hari Pers Nasional, Pegiat Literasi dan Jurnalis PBD Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaGol Manewar Dipuji, Persipura Disanjung
Artikel berikutnyaUsai Ladeni Bhayangkara Surabaya United, Persipura Bertolak ke Batu Malang