50-an Aktivis KNPB yang Ditangkap Sudah Dibebaskan

0
2591

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Calvin Wenda, ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Numbay mengatakan, semua aktivis KNPB yang ditangkap saat bagi selebaran tadi sudah dibebaskan pada pukul 02.00 WIT. 

“Betul, kami sedang dipulangkan. Setelah kami ditangkap, polisi bawa kami ke Polresta Jayapura. Setelah itu kami diperiksa satu-satu. Polisi mendata kami semua. Lalu, tadi polisi memaksa saya untuk harus foto dan minta sidiki jari. Tapi saya tolak. Tapi saat ini kami sudah dibebaskan semua,” ungkap Wenda usai keluar dari Mapolresta Jayapura, Sabtu (13/8/2016) dari Jayapura Kota. (Baca: Polisi Tangkap 44 Aktivis KNPB Saat Bagi Selebaran di Kota Jayapura)

Baca Juga:  Pilot Selandia Baru Mengaku Terancam Dibom Militer Indonesia

Kata Wenda, tidak ada intimidasi yang dilakukan oleh aparat. Namun, kata dia, KNPB Numbay siap akasi pada 15 Agustus mendatang.

“Hari ini saja aparat sudah main tangkap. Entah mau tangkap atau tidak, mau larang atau tidak, KNPB Numbay tidak akan kompromi. Kami akan tetap turun,” tegasnya.

Terkait alasan penangkapan, Kapolres Jayapura Kota, AKBP Marison Tober H. Sirait, saat dikonfirmasi media ini melalui telepon genggamnya, tidak memberikan tanggapan.

ads

Bazoka Logo, jubir Nasiona KNPB mengatakan, harusnya jika polisi sudah menangkap aktivis KNPB, harus diproses juga sampai dibuktikan di pengadilan.

Baca Juga:  Bangun RS Tak Harus Korbankan Warga Sekitar Sakit Akibat Banjir dan Kehilangan Tempat Tinggal

“Polisi itu penakut. Kami mau supaya kalau polisi sudah tangkap aktivis KNPB, polisi harus buktikan bahwa mereka salah di pengadilan. Bukan habis itu langsung dipulangkan. Itu namanya polisi penakut,” tegasnya. (Baca: Lagi, Polisi Kembali Tangkap 12 Aktivis KNPB di Jantung Kota Jayapura)

Ke-56 orang yang ditangkap hari ini sekitar pukul 11 WIT siang tadi adalah Calvin wenda, Saugas Goo, Caky Kobak, Lanek endama, Obet Heluka, Janius Silak, Robert Yalimaken, Yusub Giban, Weko Kogoya, Imanuel Pekei, Berto Gobay, Eliatan Hisage, Alinus Kabak, Jakinus Balingga, Sony Mote, Yali Mulalo, Lakas Balingga, Julian Pekei, Martinus Giban, Yustinus Pigome, Alex Boma, Heroni Mohi, Edison Kogoya, Hernes salak, Jek Mote, Itoni Pahabol.

Baca Juga:  Media Sangat Penting, Beginilah Tembakan Pertama Asosiasi Wartawan Papua

Keniel Lokon, Panus Lokon, Tanto Sorabut, Nias Balingga, Sibrit Suhuniap, Alex Sambom, Timo balingga, Yali Bahabol, Hukum Bahabol, Asak Lintamon, Weang Halitnowe, Jilaus Bahabol, Ani Halitibo, Singhon Silak, Onsel Balingga, Yalihwe Balinggga, Yimy broway dan Marten Sorabut.

Dan yang ditangkap sekitar pukul  13 WIT adalah Mikael Mote, Steven Degei, Abet Mote, Abet Yeimo, Samuel Madai, Yan Degei, Petrus Pigai, Jemy Degei, Set Gobai, Natalia Magai, Meki Gobai dan Ribka Komba.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaLagi, Polisi Kembali Tangkap 12 Aktivis KNPB di Jantung Kota Jayapura
Artikel berikutnyaTerbentuknya Kelas Menengah (Baru) Papua: Sebuah Catatan Awal (Bagin 3 – Habis)