Lagi, Polisi Kembali Tangkap 12 Aktivis KNPB di Jantung Kota Jayapura

0
2225

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Lagi, Ones Suhuniap, sekertaris umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat melaporkan, setelah 44 aktivis ditangkap sekitar pukul 11 siang, polisi kembali menangkap 12 aktivis KNPB Numbay di depan bank Papua Pusat, tepat di jantung Kota Jayapura, Papua.

Ones mengatakan, sama seperti tadi pertama saat polisi tangkap 44 aktivis KNPB, berikutnya 12 aktivis KNPB ditangkap lagi.  Kata dia, penangkapan yang dilakukan pada hari ini  semua berjumlah 56 orang.

Dikatakan, penangkapan 56 aktivis KNPB tidak akan menghambat agenda demo damai pada tanggal 15 Agustus nanti. KNPB akan demo seperti biasa.  (Baca: Polisi Tangkap 44 Aktivis KNPB Saat Bagi Selebaran di Kota Jayapura)

Baca Juga:  Senin Pekan Depan KNPB Ajak Rakyat Papua Gelar Aksi Solidaritas untuk Kanaky

“Kami sarankan agar Kapolda Papua dan bawahannya silakan tahan mereka (56 akivis KNPB) dan adili mereka.Jika mereka bersalah dan ada barang bukti selebaran aksi, silakan proses hukum, jagan hanya asal tangkap. Sudah satu bulan polisi puasa untuk tangkap aktivis KNPB, jadi kami senang Polda melakukan penagkapan, dan kalau sudah ditangkap, harus diproses secara hukum. Jangan dilepaskan,” tegasnya.

Bazoka Logo, juru bicara nasional KNPB Pusat saat dikonfirmasi suarapapua.com, ia membernarkan adanya penangkapan terhadap 44 aktivis KNPB wilayah Port Numbay.

ads
Baca Juga:  Situasi Kamtibmas di PBD Butuh Sinergi Bersama

Kata Logo, penangkapan terhadap 44 aktivis KNPB terjadi pada pukul 11.00 WPB. Penangkapan dilakukan oleh aparat saat aktvis KNPB sedang membagi selebaran. Kata dia, penangkapan itu sudah biasa dan bukan hal baru. Sehingga, kalau bisa aparat proses semua sampai di pengadilan.

“Penangkapan itu sudah biasa. KNPB tidak akan takut dengan penangkapan. KNPB sudah nyatakan komitmen untuk siap ditangkap, siap dipenjarakan, siap dikenakan pasal makar. Jadi kalau sudah tangkap, jangan bebaskan. Tapi proses mereka sampai di pengadilan. Supaya dunia tahu kelakuan Indonesia,” tegasnya.

Baca Juga:  PT MAM Masih Beroperasi, Pemkab Sorong Dituding Sengaja Biarkan

Kabid Humas Polda Papua,Kombes Pol Patrige Renwarin, saat dikonfirmasi suarapapua.com melalui telepon genggamnya enggan berkomentar.

“Saya lagi ikut acara. Nanti saja,” katanya sambil menutup telepon.

Selain itu,Kapolresta Jayapura, AKBP Marison Tober H. Sirait, saat dikonfirmasi media ini melalui telepon genggamnya dengan mengirim pesan singkat, namun hingga berita ini disiarkan tidak memberikan tanggapan.

12 orang yang ditangkap itu adalah Mikael Mote, Steven Degei, Abet Mote, Abet Yeimo, Samuel Madai, Yan Degei, Petrus Pigai, Jemy Degei, Set Gobai, Natalia Magai, Meki Gobai dan Ribka Komba.

Pewarta: Arnold Belau

 

Artikel sebelumnyaPolisi Tangkap 44 Aktivis KNPB Saat Bagi Selebaran di Kota Jayapura
Artikel berikutnya50-an Aktivis KNPB yang Ditangkap Sudah Dibebaskan