Polisi Tangkap 44 Aktivis KNPB Saat Bagi Selebaran di Kota Jayapura

0
1687

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com—  44 aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Port Numbay telah ditangkap dan diamankan ke Mapolresta Jayapura. Mereka ditangkap saat bagi selebara seruan aksi kepada rakyat Papua Barat di Kota Jayapura pada Sabtu (13/8/2016).

Bazoka Logo, juru bicara nasional KNPB Pusat saat dikonfirmasi suarapapua.com, ia membernarkan adanya penangkapan terhadap 44 aktivis KNPB wilayah Port Numbay.

“Iya, benar. Hari ini polisi sudah kembali tangkap 44 aktivis KNPB di Jayapura. Penangkapan terjadi di Entrop. Mereka ditangkap saat bagi-bagi selebaran kepada rakyat. Saat ini mereka sedang diamankan di Polresta Jayapura,” jelas Logo pada Sabtu (13/8/2016).

Kata Logo, penagkapan terhadap 44 aktivis KNPB terjadi pada pukul 11.00 WPB. Penangkapan dilakukan oleh aparat  saat aktvis KNPB sedang membagi.  Kata dia, penangkapan itu sudah biasa dan bukan hal baru. Sehingga, kalau bisa aparat proses semua sampai di pengadilan.

“Penangkapan itu sudah biasa. KNPB tidak akan takut dengan penangkapan. KNPB sudah nyatakan komitmen untuk siap ditangkap, siap dipenjarakan, siap dikenakan pasal makar. Jadi kalau sudah tangkap, jangan bebaskan. Tapi proses mereka sampai di pengadilan. Supaya dunia tahu kelakuan Indonesia,” tegasnya.

Dari informasi yang dihimpun suarapapua.com, pembagian selebaran di Kota Jayapura yang dilauka oleh KNPB wilayah Port Numbay dikoordinir oleh ketua KNPB Numbay, Calvin Wenda dan ketua diplomasi KNPB Numbay, Saugas Goo.

Mereka yang ditangkap adalah Calvin wenda, Saugas Goo, Caky Kobak, Lanek endama, Obet Heluka, Janius Silak, Robert Yalimaken, Yusub Giban, Weko Kogoya, Imanuel Pekei, Berto Gobay, Eliatan Hisage,       Alinus Kabak, Jakinus Balingga, Sony Mote, Yali Mulalo, Lakas Balingga, Julian Pekei, Martinus Giban, Yustinus Pigome, Alex Boma, Heroni Mohi, Edison Kogoya, Hernes salak, Jek Mote, Itoni Pahabol, Keniel Lokon, Panus Lokon, Tanto Sorabut, Nias Balingga, Sibrit Suhuniap, Alex Sambom, Timo balingga, Yali Bahabol, Hukum Bahabol, Asak Lintamon, Weang Halitnowe, Jilaus Bahabol, Ani Halitibo, Singhon Silak, Onsel Balingga, Yalihwe Balinggga, Yimy broway dan Marten Sorabut.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua,Kombes Pol  Patrige Renwarin, saat dikonfirmasi suarapapua.com melalui telepon genggamnya enggan berkomentar.

“Saya lagi ikut acara. Nanti saja,” katanya sambil menutup telepon.

Selain itu,Kapolresta Jayapura, AKBP Marison Tober H. Sirait, saat dikonfirmasi media ini melalui telepon genggamnya dengan mengirim pesan singkat, namun hingga berita ini disiarkan tidak memberikan tanggapan.

Pewarta: Arnold Belau