Training FL2MI Wilayah Papua dan Papua Barat Akan Digelar pada Awal September 

0
886

JAYAPURA, SUARAPAPUA— Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Uncen menjadi tuan rumah untuk selenggarakan training legislator mahasiswa dan rapat kerja Forum Lembaga Lesgilator Mahasiswa Indonesia (FL2MI) wilayah Papua dan Papua Barat yang akan digelar pada 6 – 10 September mendatang. 

“Kami akan gelar satu kegiatan Nasional yenag melibatkan wilayah Papua dan Papua Barat pada awal bulan September 2016. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat peran mahasiswa pada kontrol sosial dalam perkembangan da dinamika sosial terhadap masyarakat Papua,” kata Pontius Omoldoman, ketua MPM Uncen, tidak lama ini.

Ia mengatakan, hasil dari kegiatan yang akan diselenggarakan, akan menghasilkan satu rekomendasi yang akan menghapus setiap stigma yang beredar di kalangan masyarakat ilmiah dan di kalangan para elit baik di eksekutif dan legislatif bahkan di kalangan mahasiswa yang apatis.

“Akhir-akhir ini banyak pihak menganggap kami mahasiswa Uncen sebagai mahasiswa tukang palang-palang kampus, bahkan kami dibilang mahasiswa Uncen hanya memiliki teori palang kampus. Saya perlu sampaikan bahwa kami sedang berusaha untuk mengahpus stigma ini dengan membuat berbagai kegiatan yang dapat memperkaya intelktual mahasiswa,” katanya.

Kata dia, kegitannya sendiri akan digelar itu merupakan bagian dari kegiatan untuk menekan stigam negatif yang selama ini dialamatkan pada mahasiswa Uncen.

“Rencananya kami ingin membuat satu rekomendasi besar bagi perbaikan pendidikan di Papua. Untuk pemprov Papua dan Papua Barat, kami akan meminta untuk meninjau kembali angaran Otonomi Khusus 80% yang dikhususkan ke bidang pendidikan dan kesehatan. Karenadalam alokasi dana anggaran otonomi khusus untuk pendidikan dengan kesehatan justru kesehatan lebih kontribusi yang sangat siknifikan kepada masyarakat dari pada pendidikan,” ujarnya

Sementara itu, sekretaris Panitia Forum Lembaga Legislator Mahasiswa Nasional dan Rapat kerja wilayah Papua dan Papua Barat mengatakan, kagiatan yang akan dilakukan bulan depan bertujuan untuk memahami cara kerja DRP Kab/kota dan Provinsi yang sementara sedang ada di kursi DPRD
. Kami akan mendapat pelajar dan pengalaman langsung dari anggota DPRD,
” katanya.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau